STRATEGI DIFERENSIASI PRODUK DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING YANG BERKELANJUTAN DALAM MENGHADAPI M.E.A. (STUDI KASUS PADA SENTRA INDUSTRI SEPATU CIBADUYUT BANDUNG)
No Thumbnail Available
Date
2015-11
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Jurnal Bisnis, manajemen & Ekonomi, Fakultas Bisnis & Manajemen Universitas Widyatama, Vol.14, No.2
Abstract
Sentra industri sepatu (SIS) cibaduyut merupakan sentra yang terdiri dari UKM-UKM alas
kaki di Kota Bandung, SIS menaungi ribuan tenaga kerja. Kapasitas produksi sepatu mengalami
perubahaa Penurunan yang terjadi diakibakan karena banyaknya pemasok sepatu berasal dari luar
SIS cibaduyut Selain berdampak pada pengurangan tenaga kerja dan kapasitas industry hal ini
menimbulkan persepsi bahwa image produk sepatu cibaduyut menurun. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk menemukan strategi pengembangan produk sehingga SIS cibaduyut dapat bersaing
dalam MEA Penulis meneliti sebagian unsur diferensiasi produk, 3 tiga unsur diferensiasai produk,
antara lain: l ).Bentuk 2) Daya Tahan 3) Keistimewaan/Fitur. Peneliti menambahan atribut harga
(Anandia,20 15) dan berdasarlran basil pengamatan pasar penulis menambabkan atribut bahan
outsole & sepatu sebagai atribut penelitian.
Atnbut digunakan untuk menjawab permasalahan preferensi konsumeIL Dalam penelitian ini,
pengukuran preferensi konsumen dilakukan dengan menggunakan analisis konjoiIL Populasi yang
berpartisipasi: Responden mengetabui SIS Cibaduyut, pemali menggunakan & memiliki keinginan
menggunakan produk. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 400 responden Berdasarkan
pemaparan ke enam atribut penelitian menghasilkan spesifikasi alas kaki berdasarlran preferensi
konsumen dengan tingkat kepentingan menunjukkan bahwa faktor yang paling berpengaruh dalam
mengevaluasi produk alas kaki; harga, bahan sepatu, design, bahan outsole, daya tahan,
keistimewaan. Berdasarkan keenam pemaparan atribut maka didapatlah spesifikasi alas kaki
berdasarkan preferensi konsumen: harga >Rp 300.000, berbahan kulit lak, design: boots (w)sneakers
(p), sponge outsole, daya tahan 3-4 tabun, ekstra ringan.
Description
Keywords
Diferensiasi Produk, Preferensi Konsumen, Conjoint, Differentiation Products, Consumer Preferences