RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK KEGIATAN USULAN PADA MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH (MUSRENBANG) DI TINGKAT KOTA/KABUPATEN (Studi Kasus : Pemerintahan Kota Cimahi)

Widyatama Repository

RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK KEGIATAN USULAN PADA MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH (MUSRENBANG) DI TINGKAT KOTA/KABUPATEN (Studi Kasus : Pemerintahan Kota Cimahi)

Show full item record

Title: RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK KEGIATAN USULAN PADA MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH (MUSRENBANG) DI TINGKAT KOTA/KABUPATEN (Studi Kasus : Pemerintahan Kota Cimahi)
Author: Sinaga, Ardiles; Murnawan
Abstract: Setiap pemerintahan daerah kabupatenlkota di Indonesia akan menyusun perencanaan pembangunan daerah yang akan di/akukan tahun berikutnya. Perencanaan pembangungani ini merupakan upaya yang di/akukan o/eh pemerintah daerah untuk mengatasi permasa/ahan yang te1jadi di masyarakat umum. Perencanaan pembangunan yang baik akan menghasi/kan perencanaan pembangunan yang matang yang dapat digunakan 11nt11k menagtasi masalah yang lerdapat pada masyarakat. Perencanaan pembangunan lidak hanya menerima masukan dari Satuan Ferangkat Kerja Daerah (SKPD) saja, telapi perencanaan pembangunan dapat diperoleh dari part1s1pasi masyarakat umum yang nanlinya akan digunakan sebagai masukan 11n111k membuat perancaan pembangunan. 1\1embua1 perencanaan pembangunan dapal melaksanakan mela/ui beberapa pendekalan, salah satunya me/a/ui pendekatan partisipatif. Pendekatan partisipatif dalam penyusunan perencanaan pembangunan kota/kabupaten biasanya disebut sebagai "Jvfusrenbang" atau Musyawarah Perencannan Pembangunan di tingkal Ke/urahan, tingkat Kecamatan, dan Kotaltingkat Kabupaten. Hasi/ Musrenbang ini nantinya akan digunakan sebagai masukan utama da/am persiapan untuk membua1 rencana ke1ja SKPD (Renja SKPD) dan Rencana Ke1_ja Pemerintah Daerah (RKPD). Tapi tidak semua aspirasi rakyat yang diusu/kan digunakan sebagai kegiatan yang diusulkan dalam perencanaan pembangunan. Hanya kegiatan priori/as yang diusulkan yang dapat digunakan sebagai masukan utama. Oleh karena itu. sistem pendukung keputusan dapat digunakan untuk membantu pemerintah daerah untuk menentukan di mana kegiatan yang diusufkan digunakan sebagai masukan utama. Penelitian ini dibuat untuk merancang sebuah sistem informasi pendukung keputusan da/am menentukan usu/an kegiatan yang akan digunakan sebagai masukan utama pada perencanan pembangunan daerah pada saat musym11arah perencanaan pembangunan (musrenbang) dilakukan di tingkat Kelurahan, Kecamatan, dan Kabupaten/Kota. Perancangan sistem informasi ini menggunakan a/at bantu seperti Flowchart, UML, J\lockUp (berbasis web), dan relasi antar table. Sistem informasi ini nantinya akan menghasilkan daftar peserta musrenbang, daftar kriteria usu/an, usu/an kegiatan, skoring usu/an kegiatan, peringkat usu/an kegitan. 11s11/an kegiatan priori/as ·dan yang ditolak, laporan usu/an kegiatan yag diterima dan yang ditolak.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/9105
Date: 2017-02-04


Files in this item

Files Size Format View
Full Paper Ardiles Sinaga & Murnawan.pdf 2.214Mb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record