PENGARUH RASIO LIKUIDITAS, RASIO SOLVABILITAS, RASIO AKTIVITAS, DAN RASIO PROFITABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015)

Widyatama Repository

PENGARUH RASIO LIKUIDITAS, RASIO SOLVABILITAS, RASIO AKTIVITAS, DAN RASIO PROFITABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015)

Show full item record

Title: PENGARUH RASIO LIKUIDITAS, RASIO SOLVABILITAS, RASIO AKTIVITAS, DAN RASIO PROFITABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015)
Author: Aviliankara, Ditha Maharani
Abstract: Pasar modal menjadi salah satu sumber kemajuan ekonomi karena dapat menjadi sumber alternatif bagi perusahaan untuk dapat mengembangkan usaha-usahanya. Selain itu pasar modal merupakan tempat untuk para investor melakukan investasi agar memperoleh keuntungan. Di pasar modal para investor akan berinvestasi pada perusahaan yang dinilai dapat memberikan keuntungan. Salah satunya berinvestasi dengan melakukan pembelian saham. Perhatian para investor di pasar modal adalah harga saham. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio aktivitas, dan rasio profitabilitas baik secara simultan maupun parsial terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur sector barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2015. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio aktivitas, dan rasio profitabilitas sebagai variabel independen. Sedangkan harga saham sebagai variable dependen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode explanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2015 yang berjumlah 37 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 21 perusahaan. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linear berganda pada taraf signifikansi sebesar 5%. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Eviews 8. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan pada penelitian ini didapat bahwa secara parsial rasio likuiditas dan rasio solvabilitas tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap harga saham dengan signifikansi sebesar 0,306 dan 0,184. Rasio aktivitas dan rasio profitabilitas memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap harga saham dengan signifikansi sebesar 0,020 dan 0,032. Sedangkan secara simultan rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio aktivitas, dan rasio profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap harga saham dengan signifikansi sebesar 0,027.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8630
Date: 2017


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 81.15Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 835.3Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 112.8Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 287.0Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 118.5Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 104.2Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 103.5Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 101.1Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 218.1Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 469.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 446.4Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 665.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 105.8Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 42.97Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record