TINJAUAN ATAS PENYUSUNAN DAN REALISASI ANGGARAN PENJUALAN PADA PT. PINDAD (PERSERO)

No Thumbnail Available
Date
2015
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Anggaran adalah rencana tentang kegiatan perusahaan yang mencangkup berbagai kegiatan operasional yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi satu sama lain sebagai pedoman untuk mencapai tujuan dan sasaran suatu organisasi. Jika perusahaan tidak menyusun anggaran, maka perusahaan akan mengalami kesulitan dalam menjalankan operasinya. Anggaran penjualan merupakan dasar penyusunan anggaran lainnya. Manfaat penyusunan anggaran penjualan adalah untuk merencanakan setepat mungkin tingkat penjualan pada periode yang akan datang dengan memperhatikan data yang merupakan pencerminan kejadian yang dialami perusahaan dimasa lalu. Pada tahun 2014 PT. PINDAD (PERSERO) tidak mampu untuk memenuhi anggaran penjualannya. PT. PINDAD (PERSERO) yang menjadi objek penelitian dalam laporan tugas akhir ini merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang Alutsisa dan produk komersial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu metode penelitian yang tujuannya untuk menganalisa, dan mengklasifikasikan data-data yang telah diperoleh, dan ditarik kesimpulan sehingga dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai objek yang diteliti. Proses penyusunan anggaran penjualan sudah cukup baik dengan menggunakan metode campuran (top down dan bottom up). Realisasi penjualan pada tahun 2010 dan 2011 dapat mencapai target tetapi pada tahun 2012 dan 2013 mengalami penurunan, dan pada tahun 2014 perusahaan tidak mampu mencapai target anggaran penjualan.
Description
Keywords
Anggaran Penjualan, Realisasi Anggaran Penjualan, Sales Budget, Sales Budget Realization
Citation