PENGARUH PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN (SAP) DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Pemerintahan Kota Bandung)

No Thumbnail Available
Date
2015
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan standar akuntansi pemerintah (SAP) dan kompetensi sumber daya manusia terhadap kualitas laporan keuangan Pemerintah Kota Bandung . Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah penerapan standar akuntansi pemerintahan dan kompetensi sumber daya manusia sebagai variabel independen, dan kualitas laporan keuangan sebagai variabel dependen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory, dengan metode penilitian yaitu metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan bagian akuntansi pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Pemerintah Kota Bandung. Teknik pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah yaitu teknik nonprobabilty sampling dengan metode sampel jenuh, sampel dalam penelitian ini adalah karyawan bagian akuntansi Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Pemerintah Kota Bandung dengan jumlah 30 responden. Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) Ver. 21.00. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan secara parsial dan simultan bahwa variabel penerapan standar akuntansi pemerintah dan variabel kompetensi sumber daya manusia berpengaruh signifikan terhadap variabel kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Besar pengaruh variabel penerapan standar akuntansi pemerintah dalam memberikan kontribusi pengaruh terhadap variabel kualitas laporan keuangan sebesar 76,2%, dan besar variabel kompetensi sumber daya manusia dalam memberikan kontribusi pengaruh terhadap variabel kualitas laporan keuangan sebesar 22,9%. Jadi besar pengaruh variabel penerapan standar akuntansi pemerintahan dan kompetensi sumber daya manusia dalam mempengaruhi kinerja instansi pemerintah sebesar 99,1%.
Description
Keywords
Penerapan Standar Akuntansi Pemerintah, Kompetensi Sumber Daya Manusia, Kualitas Laporan Keuangan, Implementation of the Government Accounting Standards, Competence of Human Resources, Quality of Financial Statements
Citation