PENGARUH PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN (SAP) DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Pemerintahan Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN (SAP) DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Pemerintahan Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN (SAP) DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Pemerintahan Kota Bandung)
Author: Ritonga, Andika Fransiska
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan standar akuntansi pemerintah (SAP) dan kompetensi sumber daya manusia terhadap kualitas laporan keuangan Pemerintah Kota Bandung . Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah penerapan standar akuntansi pemerintahan dan kompetensi sumber daya manusia sebagai variabel independen, dan kualitas laporan keuangan sebagai variabel dependen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory, dengan metode penilitian yaitu metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan bagian akuntansi pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Pemerintah Kota Bandung. Teknik pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah yaitu teknik nonprobabilty sampling dengan metode sampel jenuh, sampel dalam penelitian ini adalah karyawan bagian akuntansi Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Pemerintah Kota Bandung dengan jumlah 30 responden. Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) Ver. 21.00. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan secara parsial dan simultan bahwa variabel penerapan standar akuntansi pemerintah dan variabel kompetensi sumber daya manusia berpengaruh signifikan terhadap variabel kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Besar pengaruh variabel penerapan standar akuntansi pemerintah dalam memberikan kontribusi pengaruh terhadap variabel kualitas laporan keuangan sebesar 76,2%, dan besar variabel kompetensi sumber daya manusia dalam memberikan kontribusi pengaruh terhadap variabel kualitas laporan keuangan sebesar 22,9%. Jadi besar pengaruh variabel penerapan standar akuntansi pemerintahan dan kompetensi sumber daya manusia dalam mempengaruhi kinerja instansi pemerintah sebesar 99,1%.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6473
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 10.26Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 783.7Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 29.53Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 35.33Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 31.42Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 27.18Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 24.16Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.11Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 43.77Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 79.37Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 101.5Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 242.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 30.73Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 32.37Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record