PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (Studi Kasus pada SAMSAT Kota Bandung Tengah)
No Thumbnail Available
Date
2015
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Kualitas merupakan suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan
produk, jasa, manusia, proses, dan ligkungan yang memenuhi atau melebihi
harapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan di
SAMSAT Kota Bandung Tengah terhadap kepatuhan Wajib Pajak pada SAMSAT
Kota Bandung Tengah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
dengan tektik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan kuisioner.
Penelitian ini berkaitan dengan dua variabel yaitu kualitas pelayanan Pajak
Kendaraan Bermotor sebagai variabel independen (X) dan kepatuhan Wajib Pajak
dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor sebagai variabel dependen (Y).
Variabel tersebut bersifat kualitatif sehingga untuk mengkuantitatifkannya peneliti
menggunakan kuesioner yang kemudian dianalisis dengan perhitungan korelasi
Rank Spearman, dan uji t.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan korelasi sebesar 0,590. Hal ini
menunjukkan adanya hubungan yang cukup kuat antara kualitas pelayanan Pajak
Kendaraan Bermotor dengan kepatuhan Wajib Pajak dalam membayar Pajak
Kendaraan Bermotor. Sedangkan besarnya pengaruh ditunjukkan koefisien
determinasi sebesar 34,81%. Pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh nilai t hitung
> t tabel (3,87 > 1,701). Dari hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa kualitas
pelayanan pajak kendaraan bermotor berpengaruh positif terhadap kepatuhan
Wajib Pajak dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor dan hipotesis yang
diajukan dapat diterima. Ketepatan fungsi regresi sampel dalam menaksir nilai
aktual dapat diukur dari goodness of fit-nya. Secara statistik setidaknya ini dapat
diukur dari statistik t, dan koefisien determinasinya (R²). Hasil pengujian hipotesis
menunjukkan bahwa nilai p-value pada kolom Sig. (0,000) < level of significant
(0,05(α)), hal ini dapat diartikan bahwa kualitas pelayanan Pajak Kendaraan
Bermotor memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak
dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor (Ha : rs > 0).
Description
Keywords
Kualitas Pelayanan, Kepatuhan Wajib Pajak, Samsat Kota Bandung Tengah, Service Quality, Taxpayer Compliance