PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (Studi Kasus pada SAMSAT Kota Bandung Tengah)

Widyatama Repository

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (Studi Kasus pada SAMSAT Kota Bandung Tengah)

Show full item record

Title: PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (Studi Kasus pada SAMSAT Kota Bandung Tengah)
Author: Nugraha, Aditia Iwan Rizki
Abstract: Kualitas merupakan suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, jasa, manusia, proses, dan ligkungan yang memenuhi atau melebihi harapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan di SAMSAT Kota Bandung Tengah terhadap kepatuhan Wajib Pajak pada SAMSAT Kota Bandung Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan tektik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan kuisioner. Penelitian ini berkaitan dengan dua variabel yaitu kualitas pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor sebagai variabel independen (X) dan kepatuhan Wajib Pajak dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor sebagai variabel dependen (Y). Variabel tersebut bersifat kualitatif sehingga untuk mengkuantitatifkannya peneliti menggunakan kuesioner yang kemudian dianalisis dengan perhitungan korelasi Rank Spearman, dan uji t. Hasil dari penelitian ini menunjukkan korelasi sebesar 0,590. Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang cukup kuat antara kualitas pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor dengan kepatuhan Wajib Pajak dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor. Sedangkan besarnya pengaruh ditunjukkan koefisien determinasi sebesar 34,81%. Pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh nilai t hitung > t tabel (3,87 > 1,701). Dari hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa kualitas pelayanan pajak kendaraan bermotor berpengaruh positif terhadap kepatuhan Wajib Pajak dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor dan hipotesis yang diajukan dapat diterima. Ketepatan fungsi regresi sampel dalam menaksir nilai aktual dapat diukur dari goodness of fit-nya. Secara statistik setidaknya ini dapat diukur dari statistik t, dan koefisien determinasinya (R²). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai p-value pada kolom Sig. (0,000) < level of significant (0,05(α)), hal ini dapat diartikan bahwa kualitas pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor (Ha : rs > 0).
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6375
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 6.435Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.017Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 32.04Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 56.33Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 33.28Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 25.92Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 21.63Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.99Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 55.28Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 105.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 121.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 119.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 29.38Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 37.34Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record