PENGARUH BIAYA CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN ( Studi kasus pada PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten )

No Thumbnail Available
Date
2009
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Tanggung jawab perusahaan memberikan konsep yang berbeda dimana perusahaan tersebut secara sukarela menyumbangkan sesuatu demi masyarakat yang lebih baik dan lingkungan hidup yang lebih bersih. Tanggung jawab sosial dari perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) didasarkan pada semua hubungan, tidak hanya dengan masyarakat tetapi juga dengan pelanggan, pegawai, komunitas, pemilik, pemerintah, supplier bahkan juga kompetitor. Tanggung jawab sosial dapat mendorong prestasi para pegawai dan karyawan perusahaan, biaya yang berhubungan dengan aktivitas-aktivitas sosial mempengaruhi kinerja keuangan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah biaya yang timbul dari pelaksanaan program CSR yang dilakukan PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih, tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan dengan variabel lain. Penelitian ini bersifat studi kasus. Sedangkan pengumpulan data diperoleh dengan cara melaksanakan penelitian lapangan dengan metode observasi dan penelitian kepustakaan untuk mendukung hasil penelitian. Permasalahan ini dianalisis dengan menggunakan statistik parametik dengan analisis regresi dan korelasi sederhana, serta uji signifikansi t satu pihak. Dari hasil uji statistik dengan menggunakan regresi sederhana dan uji signifikansi t satu pihak, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antar biaya CSR terhadap profitabilitas perusahaan, karena diperoleh Ho ditolak. Sehingga dari penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara biaya CSR terhadap profitabilitas perusahaan.
Description
Keywords
Corporate Social Responsibility (CSR), Profitabilitas Perusahaan
Citation