PENGARUH BIAYA CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN ( Studi kasus pada PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten )

Widyatama Repository

PENGARUH BIAYA CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN ( Studi kasus pada PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten )

Show full item record

Title: PENGARUH BIAYA CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN ( Studi kasus pada PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten )
Author: Asri, Siti Endah Nur
Abstract: Tanggung jawab perusahaan memberikan konsep yang berbeda dimana perusahaan tersebut secara sukarela menyumbangkan sesuatu demi masyarakat yang lebih baik dan lingkungan hidup yang lebih bersih. Tanggung jawab sosial dari perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) didasarkan pada semua hubungan, tidak hanya dengan masyarakat tetapi juga dengan pelanggan, pegawai, komunitas, pemilik, pemerintah, supplier bahkan juga kompetitor. Tanggung jawab sosial dapat mendorong prestasi para pegawai dan karyawan perusahaan, biaya yang berhubungan dengan aktivitas-aktivitas sosial mempengaruhi kinerja keuangan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah biaya yang timbul dari pelaksanaan program CSR yang dilakukan PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih, tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan dengan variabel lain. Penelitian ini bersifat studi kasus. Sedangkan pengumpulan data diperoleh dengan cara melaksanakan penelitian lapangan dengan metode observasi dan penelitian kepustakaan untuk mendukung hasil penelitian. Permasalahan ini dianalisis dengan menggunakan statistik parametik dengan analisis regresi dan korelasi sederhana, serta uji signifikansi t satu pihak. Dari hasil uji statistik dengan menggunakan regresi sederhana dan uji signifikansi t satu pihak, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antar biaya CSR terhadap profitabilitas perusahaan, karena diperoleh Ho ditolak. Sehingga dari penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara biaya CSR terhadap profitabilitas perusahaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6274
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 71.25Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 60.76Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 70.55Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 61.24Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 56.10Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 37.85Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 46.07Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 37.57Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 102.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 155.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 102.6Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 174.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 59.93Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 51.87Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record