PENGARUH PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi kasus di PT. INTI Bandung)

No Thumbnail Available
Date
2014
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
PT. INTI adalah perusahaan yang bergerak di bidang peralatan dan perakitan telekomunikasi serta menangani solusi layanan jaringan untuk industri telekomunikasi. PT. INTI merupakan salah satu badan yang berdiri sendiri dengan status perusahaan perseroan di bidang telekomunikasi. Pada tahun 2012, PT. INTI membukukan laba bersih sebesar nilai Rp. 16,69 milyar, yang jauh melampaui target tahunan mereka dari Rp. 38 miliar. Kondisi tersebut menunjukkan kinerja perusahaannya kurang baik. Pimpinan atau pihak manajemen harus memperbaiki kinerjanya agar lebih efisien serta mendorong kenaikan produktivitas. Penerapan total quality management yang terarah dan terencana diharapkan dapat meningkatkan kinerja perusahaan agar lebih baik. Total quality management dilaksanakan untuk menjalankan usaha yang memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan terus-menerus atas produk, tenaga kerja, proses dan lingkungannya. Penelitian ini menguji Pengaruh Penerapan Total Quality Management Terhadap Kinerja Perusahaan, menggunakan metode explanatory dengan pendekatan studi kasus. Unit analisis dalam penelitian ini adalah para manajer dan kepala bagian pada kantor pusat PT. INTI Bandung. Uji validitas dan uji reabilitas lebih dahulu dilakukan oleh peneliti dan hasilnya adalah semua pernyataan valid dan semua item dikatakan reliabel. Berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dilakukan diketahui bahwa Total Quality Management memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan di PT. INTI.
Description
Keywords
Total Quality Management, Kinerja Perusahaan, Performance
Citation