TINJAUAN PELAKSANAAN STRATEGI PROMOSI PADA SCRABLE CLOTHING SUKABUMI

No Thumbnail Available
Date
2011
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Laporan Tugas Akhir ini merupakan hasil dari penelitian dan pengamatan mengenai pelaksanaan pemasaran pada Scrable Clothing, khususnya yang dijelaskan adalah bauran promosi yang dilakukan perusahaan ini. Perusahaan ini merupakan salah satu pelaku bisnis clothing di kota Sukabumi. Seperti kita ketahui bahwa bisnis ini sangat identik sekali dengan anak muda, baik itu target market maupun pelaku bisnisnya mayoritas anak muda di dalamnya. Promosi merupakan hal yang sangat penting bagi setiap perusahaan, karena promosi adalah salah satu faktor penentu keberhasilan perusahaan. Dengan aktivitas promosi setiap perusahaan dapat menarik perhatian konsumennya yang akan berpengaruh pada penjualan dan pendapatan perusahaan, itupun tergantung pada strategi promosi yang diterapkan perusahaan tersebut. Dalam proses promosi terdapat 5 variabel, yaitu; periklanan, promosi penjualan, penjualan perorangan, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung. Tujuan dari perusahaan melakukan promosi adalah untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen akan produk dan merk perusahaan. Aktivitas promosinya, Scrable Clothing menjalankan beberapa variabel dari bauran promosi, yaitu; periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung. Dari jenis-jenis promosi yang dilakukan perusahaan ini sangat berpengaruh pada kemajuan perusahaan, antara lain perusahaan dapat memperluas saluran distribusinya di Indonesia.Perusahaan ini melakukan aktivitas promosi antara lain, untuk dapat memperluas saluran distribusi, menginformasikan mengenai produk yang dihasilkan, dan meningkatkan volume penjualan. Di dalam pelaksanaan promosinya Scrable Clothing menemui beberapa kendala. Perusahaan ini menemui hambatan antara lain dalam pemahaman selera konsumen yang beragam. Selain itu dalam penentuan issue yang diangkat untuk konsep produksi dan pemasaran perusahaan. Dari penelitian yang dilakukan penulis mengambil kesimpulan bahwa aktivitas promosi perusahaan cukup berhasil, apabila dilihat dari penjualan produk dan pendistribusian produknya.
Description
Keywords
Citation
Collections