TINJAUAN PELAKSANAAN STRATEGI PROMOSI PADA SCRABLE CLOTHING SUKABUMI
No Thumbnail Available
Date
2011
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Laporan Tugas Akhir ini merupakan hasil dari penelitian dan pengamatan
mengenai pelaksanaan pemasaran pada Scrable Clothing, khususnya yang
dijelaskan adalah bauran promosi yang dilakukan perusahaan ini. Perusahaan ini
merupakan salah satu pelaku bisnis clothing di kota Sukabumi. Seperti kita
ketahui bahwa bisnis ini sangat identik sekali dengan anak muda, baik itu target
market maupun pelaku bisnisnya mayoritas anak muda di dalamnya.
Promosi merupakan hal yang sangat penting bagi setiap perusahaan, karena
promosi adalah salah satu faktor penentu keberhasilan perusahaan. Dengan
aktivitas promosi setiap perusahaan dapat menarik perhatian konsumennya yang
akan berpengaruh pada penjualan dan pendapatan perusahaan, itupun
tergantung pada strategi promosi yang diterapkan perusahaan tersebut.
Dalam proses promosi terdapat 5 variabel, yaitu; periklanan, promosi
penjualan, penjualan perorangan, hubungan masyarakat, dan pemasaran
langsung. Tujuan dari perusahaan melakukan promosi adalah untuk
menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen akan produk dan
merk perusahaan.
Aktivitas promosinya, Scrable Clothing menjalankan beberapa variabel dari
bauran promosi, yaitu; periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat,
dan pemasaran langsung. Dari jenis-jenis promosi yang dilakukan perusahaan ini
sangat berpengaruh pada kemajuan perusahaan, antara lain perusahaan dapat
memperluas saluran distribusinya di Indonesia.Perusahaan ini melakukan
aktivitas promosi antara lain, untuk dapat memperluas saluran distribusi,
menginformasikan mengenai produk yang dihasilkan, dan meningkatkan volume
penjualan.
Di dalam pelaksanaan promosinya Scrable Clothing menemui beberapa
kendala. Perusahaan ini menemui hambatan antara lain dalam pemahaman
selera konsumen yang beragam. Selain itu dalam penentuan issue yang
diangkat untuk konsep produksi dan pemasaran perusahaan. Dari penelitian
yang dilakukan penulis mengambil kesimpulan bahwa aktivitas promosi
perusahaan cukup berhasil, apabila dilihat dari penjualan produk dan
pendistribusian produknya.