SUATU TINJAUAN TENTANG PENILAIAN PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA PT. POS INDONESIA (PERSERO) KANTOR POS PURWAKARTA 41100

No Thumbnail Available
Date
2009
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Penilaian kerja adalah proses yang dipakai oleh organisasi untuk mengevaluasi pelaksanaan kerja individu karyawan. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengukur kinerja masing-masing karyawan dalam mengembangkan kualitas kerja, pembinaan selanjutnya, tindakan perbaikan atas pekerjaan yang kurang sesuai dengan deskripsi pekerjaan, serta untuk keperluan yang berhubungan dengan masalah ketenaga kerjaan lainnya. Adapun pelaksanaan penilaian prestasi kerja di PT Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Purwakarta 41100 pada dasarnya untuk memberikan penilaian terhadap seorang Pegawai PT Pos Indonesia (Persero) yang dilakukan oleh pejabat penilai yang merupakan atasan langsung dari pegawai yang bersangkutan. Dengan tujuan untuk menentukan jabatan, sebagai dasar pertimbangan dalam melakukan suatu promosi, demosi, kenaikan berkala gaji dasar, untuk memberikan penghargaan bagi karyawan, serta dapat mengenali kebutuhan akan pelatihan dan pengembangan karyawan. Dari segi manfaatnya yaitu membantu mendorong pegawai agar berusaha meningkatkan kinerjanya dan meningkatkan motivasi dan kepuasan atas hasil yang telah dilakukannya. Metode penilaian yang digunakan, yaitu Rating scale. Hambatan-hambatan yang dihadapi oleh PT Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Purwakarta 41100 selama proses penilaian prestasi kerja diantaranya adanya efek halo, pengaruh kesan terakhir dan kurangnya pengetahuan karyawan mengenai manfaat penilaian prestasi kerja. Adapun usaha yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut, yaitu berusaha seobjektif mungkin dalam melakukan penilaian dengan melibatkan atasan langsung dari pegawai yang dinilai dan juga atasan yang lebih tinggi, dengan menetapkan kategori penilaian prestasi kerja dan memberikan penjelasan mengenai manfaat penilaian prestasi kerja bagi karyawan. Berdasarkan permasalahan tersebut, saran yang diberi penulis dengan memberi pelatihan kepada penilai sehingga penilai mempunyai pengetahuan yang lebih luas tentang arti pentingnya hasil dari sebuah penilaian sesuai dengan kinerja yang dihasilkan dan atasan selaku penilai kinerja karyawan harus mempunyai ketegasan dalam proses penilaian dan juga dengan memberikan umpan balik kepada penilai mengenai penilaian yang telah dilakukan dan penggunaan caracara penilaian yang pernah ditetapkannya, sehingga dapat dilakukan perbaikan dimasa yang akan datang. Dari hasil pengamatan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan prestasi kerja karyawan di PT Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Purwakarta 41100 dapat dikatakan efektif karena dalam melakukan penilaian melibatkan pihak lain yang dapat menambah efektifitas penilaian. Dengan demikian diharapkan penilaian prestasi kerja dapat meningkatkan produktivitas kerja perusahaan.
Description
Keywords
Penilaian Prestasi Kerja
Citation