SUATU TINJAUAN TENTANG PENILAIAN PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA PT. POS INDONESIA (PERSERO) KANTOR POS PURWAKARTA 41100
No Thumbnail Available
Date
2009
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Penilaian kerja adalah proses yang dipakai oleh organisasi untuk
mengevaluasi pelaksanaan kerja individu karyawan. Kegiatan ini dimaksudkan
untuk mengukur kinerja masing-masing karyawan dalam mengembangkan
kualitas kerja, pembinaan selanjutnya, tindakan perbaikan atas pekerjaan yang
kurang sesuai dengan deskripsi pekerjaan, serta untuk keperluan yang
berhubungan dengan masalah ketenaga kerjaan lainnya.
Adapun pelaksanaan penilaian prestasi kerja di PT Pos Indonesia
(Persero) Kantor Pos Purwakarta 41100 pada dasarnya untuk memberikan
penilaian terhadap seorang Pegawai PT Pos Indonesia (Persero) yang dilakukan
oleh pejabat penilai yang merupakan atasan langsung dari pegawai yang
bersangkutan. Dengan tujuan untuk menentukan jabatan, sebagai dasar
pertimbangan dalam melakukan suatu promosi, demosi, kenaikan berkala gaji
dasar, untuk memberikan penghargaan bagi karyawan, serta dapat mengenali
kebutuhan akan pelatihan dan pengembangan karyawan. Dari segi manfaatnya
yaitu membantu mendorong pegawai agar berusaha meningkatkan kinerjanya dan
meningkatkan motivasi dan kepuasan atas hasil yang telah dilakukannya. Metode
penilaian yang digunakan, yaitu Rating scale. Hambatan-hambatan yang dihadapi
oleh PT Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Purwakarta 41100 selama proses
penilaian prestasi kerja diantaranya adanya efek halo, pengaruh kesan terakhir dan
kurangnya pengetahuan karyawan mengenai manfaat penilaian prestasi kerja.
Adapun usaha yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut, yaitu berusaha
seobjektif mungkin dalam melakukan penilaian dengan melibatkan atasan
langsung dari pegawai yang dinilai dan juga atasan yang lebih tinggi, dengan
menetapkan kategori penilaian prestasi kerja dan memberikan penjelasan
mengenai manfaat penilaian prestasi kerja bagi karyawan.
Berdasarkan permasalahan tersebut, saran yang diberi penulis dengan
memberi pelatihan kepada penilai sehingga penilai mempunyai pengetahuan yang
lebih luas tentang arti pentingnya hasil dari sebuah penilaian sesuai dengan kinerja
yang dihasilkan dan atasan selaku penilai kinerja karyawan harus mempunyai
ketegasan dalam proses penilaian dan juga dengan memberikan umpan balik
kepada penilai mengenai penilaian yang telah dilakukan dan penggunaan caracara
penilaian yang pernah ditetapkannya, sehingga dapat dilakukan perbaikan
dimasa yang akan datang.
Dari hasil pengamatan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan prestasi
kerja karyawan di PT Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Purwakarta 41100 dapat
dikatakan efektif karena dalam melakukan penilaian melibatkan pihak lain yang
dapat menambah efektifitas penilaian. Dengan demikian diharapkan penilaian
prestasi kerja dapat meningkatkan produktivitas kerja perusahaan.
Description
Keywords
Penilaian Prestasi Kerja