ANALISIS MAKNA TAGLINE “AOHARU KAYO” DITINJAU DARI CITRA REMAJA DALAM IKLAN ONE PIECE X NISSIN CUP NOODLES: HUNGRY DAYS (EDISI ZORO) (Kajian Semiotika Roland Barthes) CM「ワンピース×日清カップヌードル: Hungry Days」ゾロ編に青春の イメージから見たタグライン「アオハルかよ」の意味の分析 「ローランド・バルトの記号論的研究」

Loading...
Thumbnail Image
Date
2022
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi S1 Bahasa Jepang, Universitas Widyatama
Abstract
Iklan melalui media elektronik seperti televisi seringkali digunakan oleh sebuah perusahaan untuk mengiklankan suatu produk karena dianggap lebih cepat menarik konsumen lewat visual, audio dan juga jalan cerita yang unik. Untuk semakin meningkatkan brand awareness produk yang diiklankan maka dibuatlah tagline yang semakin memudahkan konsumen dalam mengingat produk tersebut hanya dari beberapa kalimat. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penanda, petanda serta makna tagline dalam sebuah iklan. Iklan yang menjadi fokus penelitian penulis adalah One Piece x Nissin Cup Noodles: Hungry Days (Edisi Zoro) yang akan di bagi kedalam beberapa scene pilihan. Scene pilihan tersebut akan dianalisis menggunakan metode padan referensial yang menganalisis peristiwa-peristiwa yang terjadi melalui sebuah tanda. Tanda tersebut kemudian dikaji lebih lanjut menggunakan Semiotika Roland Barthes. Dari 8 scene pilihan tersebut ditemukan penanda dan petanda serta makna dari tagline “Aoharu kayo” yang merupakan sebuah janji. Untuk memenuhi janji tersebut ditonjolkan lah 14 citra remaja yaitu suportif, kompetitif, fokus, berani, percaya diri, self efficacy, bersungguh-sungguh, tekad, kerja keras, kesabaran, konsisten, berambisi, pantang menyerah, motivasi atau dukungan.
Description
Keywords
penanda, petanda, iklan, tagline, semiotika, signifier, signified, advertisement, tagline, semiotics
Citation