PENGARUH FAMA-FRENCH FIVE-FACTOR MODEL TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Empiris pada Perusahaan Food and Beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017)

Loading...
Thumbnail Image
Date
2019
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Manajemen S1 Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Fama French Five Factor Model terhadap Return saham pada perusahaan sub sektor Makanan dan Minuman. Variabel Independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah faktor-faktor yang terdapat dalam Fama French Five Factor Model yaitu Beta yang diproksikan dengan Premi Resiko, Size yang diproksikan dengan Small Minus Big/SMB, Value yang diproksikan dengan High Minus Low/HML, Profitability yang diproksikan dengan Robust Minus Weak/RMW, dan Investment yang diproksikan dengan Conservative Minus Aggressive/CMA, sedangkan Variabel Dependen dalam penelitian ini adalah Return Saham. Metode penelitian yang digunakan adalah Explanatory Research. Sampel yang digunakan sebanyak 11 sampel perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2013-2017 yang lolos kriteria yang telah ditetapkan. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data website www.idx.co.id dan www.sahamok.com. Metode analisis data menggunakan analisis data panel. Berdasarkan hasil uji data panel, telah ditemukan bahwa model yang tepat untuk penelitian ini adalah menggunakan Random Effect Model. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa Premi Resiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return saham. Size dan Investment berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap Return saham. Sedangkan Value dan Profitability berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Return saham.
Description
Keywords
Return Saham, Fama French Five Factor Model, Stock Returns
Citation