REGISTER PADA “SHOPEE & LAZADA”: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK DAN SEMANTIK

Loading...
Thumbnail Image
Date
2020
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Bahasa Inggris S1 Universitas Widyatama
Abstract
Register adalah terminologi atau kosakata khusus yang digunakan oleh pekarjaan atau kelompok sosial tertentu. Hal itu membuat proses komunikasi menjadi lebih menarik, karena mereka berkomunikasi dengan istilah khusus tanpa maknanya diketahui oleh orang lain. Banyak register yang dapat ditemukan baik dalam bentuk lisan maupun tulisan, salah satunya pada belanja online. Skripsi ini berjudul “Register Pada Shopee & Lazada” Kajian: Sosiolinguistik dan Semantik”. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis fungsi register yang ditemukan pada “Shopee & Lazada”, dan 2) Menganalis makna yang muncul pada register “Shopee & Lazada”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualiatif deksriptif. Data diambil dari “Shopee & Lazada” melalui daring online sebanyak 32. Teori yang digunakan untuk menganalisis fungsi register adalah teori Holmes (2013), sedangkan untuk teori makna register berdasarkan dari teori Catford (1965) dan Downing (2006). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fungsi register yang ditemukan ada 4 yaitu fungsi directive sebanyak (3 data/9,37%), fungsi referential sebanyak (27 data/84,3%), fungsi phatic sebanyak (1 data/3,12%), dan fungsi expressive sebanyak (1 data/3,12%). Makna yang muncul adalah makna leksikal sebanyak (26 data/81,25%), makna konteksual sebanyak (3 data/9,37%), dan idiomatis sebanyak (3 data/9,37%).
Description
Keywords
Sosiolinguistik, Register, Makna, Shopee & Lazada, Sociolinguistic, Meaning
Citation