TINJAUAN PELAKSANAAN BAURAN PROMOSI PRODUK INDIHOME PADA PT TELKOM INDONESIA GRAHA MERAH PUTIH BANDUNG
Loading...
Date
2020
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Manajemen D3 Universitas Widyatama
Abstract
Promosi merupakan bagian dari kegiatan pemasaran yang dikenal sebagai unsur
dari bauran pemasaran. Promosi merupakan salah satu alat komunikasi dalam
kegiatan pemasaran untuk menginformasikan, mempengaruhi, membujuk dan
mengingatkan kegunaan suatu produk sehingga mendorong konsumen untuk
membelinya. Bauran promosi adalah alat – alat promosi yang digunakan
perusahaan untuk mengkomunikasikan produk yang dimiliki dan membangun
hubungan dengan konsumen. Alat – alat bauran promosi, yaitu periklanan,
promosi penjualan, penjualan pribadi, hubungan masyarakat, dan pemasaran
langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan bauran
promosi yang dilaksanakan oleh PT Telkom, kemudian mengetahui
hambatannya, sehingga dapat menemukan solusi untuk setiap hambatan yang ada.
Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik interview, teknik
pengamatan, dan teknik studi literatur. Hasil penelitian bauran promosi pada PT
Telkom Indonesia Graha Merah Putih Bandung meliputi ke limanya, yakni
periklanan melalui media televisi, media radio, media cetak, dan media sosial;
penjualan pribadi melalui penyebaran brosur, mengadakan event - event, media
sosial karyawan, dan database; promosi penjualan dengan diskon dan promo;
hubungan masyarakat dengan menjadi sponsor, partnership, dan endorsement;
serta pemasaran langsung menggunakan mobil IndiHome.
Description
Keywords
Bauran Promosi, Promotion Mix