PENJADWALAN MESIN DENGAN METODE HEURISTIC LOCAL SEARCH PADA ANALISA PRODUK PASCA PEMASARAN DI LABORATORIUM QUALITY CONTROL PT MEPROFARM

Loading...
Thumbnail Image
Date
2019
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Teknik Industri S1 Fakultas Teknik Universitas Widyatama
Abstract
dalam analisa produk pasca pemasaran. Angka keterlambatan dalam periode 2018 yaitu sebesar 10,782%. Hal ini dikarenakan tidak terdapatnya jadwal dalam analisa produk pasca pemasaran tersebut, sehingga penggunaan mesin dalam proses analisa ditentukan berdasarkan jadwal giliran operator. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi penjadwalan mesin saat ini, membuat jadwal mesin serta membuat rancangan implementasi jadwal mesin pada analisa produk pasca pemasaran. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model penjadwalan mesin heuristik dengan menggunakan aturan SPT (Shortest Processing Time), LPT (Longest Processing Time), EDD (Earliest Due Date) serta Algoritma Local Search. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan algoritma aktif dan dengan software. Software yang digunakan dalam penelitian ini yaitu software Lekin. Berdasarkan penelitian terhadap lima mesin serta 66 produk dengan jumlah 113 batch didapatkan waktu proses (makespan) paling minimum yang dilakukan dengan Algoritma Local Search yaitu 5754 menit yang memberikan efisiensi 21,56% yang dibandingkan dengan jadwal sebelumnya yaitu 7336 menit. Rancangan implementasi penjadwalan pada analisa produk pasca pemasaran dibahas pada penelitian ini.
Description
Keywords
Algoritma Local Search, Penjadwalan mesin Heuristik., Heuristic Machine Scheduling, Local Search Algorithm.
Citation