PENGARUH CORPORATE SOCIAL REPONSIBILITY (CSR) TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode tahun 2014 - 2016)
No Thumbnail Available
Date
2019
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Akuntansi S1, Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar corporate social
responsibility berpengaruh terhadap tingkat profitabilitas perusahaan pada
perusahaan sektor industri manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia
periode 2014 – 2016. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya perusahaan-
perusahaan yang menolak melaksanakan program CSR karena dianggap dapat
mengurangi pendapatan keuntungan, karena akan menambah beban berat
perusahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
explanatory. Penelitian ini menggunakan sampel dari perusahaan sektor indutri
manufaktur yang terdapat di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2016, sedangkan
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis
regresi linier sederhana dan pengujian hipotesis. Hasil Penelitian menunjukkan
bahwa pelaksanaan corporate social responsibility berpengaruh terhadap
profitabilitas perusahaan pada sektor industri manufaktur. Semakin banyak
indikator CSR yang dilaksanakan, maka semakin tinggi profitabilitas perusahaan.
Description
Keywords
Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, ROA, Profitability