ANALISIS EFEKTIVITAS IKLAN ONLINE DENGAN MENGGUNAKAN METODE EPIC MODEL TERHADAP NIAT BELI ONLINE MELALUI SITUS TOKOPEDIA
No Thumbnail Available
Date
2018
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Tesis Program Magister Management Universitas Widyatama Bandung
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Efektivitas Iklan
Online Dengan Menggunakan Metode EPIC Model terhadap Niat
Beli Online Melalui Situs Tokopedia (Survei di Kota Bandung).
Penelitian dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada 100
responden dengan menggunakan purposive random sampling.
Variabel yang diteliti untuk mengukur efektivitas adalah
empathy, persuasion, impact dan communication. Dari skor ratarata
pendapat responden atas pernyataan yang mengukur dimensi
empathy didapat hasil sebesar 3,57. Untuk dimensi persuasion
sebesar 3,60. Untuk dimensi impact sebesar 3,51 dan dimensi
communication sebesar 3,62. Nilai EPIC rate tersebut
menunjukkan bahwa iklan online tokopedia dinilai efektif.
Bedasarkan hasil yang diperoleh dari perbandingan Fhitung
dengan Ftabel, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan secara bersama antara empathy, persuasion, impact dan
communication terhadap niat beli secara online pada situs
tokopedia, karena nilai Fhitung ≥ Ftabel dimana Fhitung 26,854
≥ Ftabel sebesar 2,47. Sementara tingkat signifikansi sebesar
0,000 < 0,005 yang artinya bahwa terdapat pengaruh antara
empathy, persuasion, impact dan communication terhadap niat
beli secara online pada situs tokopedia, dan berdasarkan nilai
coefficients hasil analisis regresi linier berganda didapatkan nilai
signifikansi sebesar 0,033 untuk dimensi empathy, 0,044 untuk
persuasion, 0,031 untuk impact dan 0,006 untuk communication.
Hal tersebut menandakan bahwa empathy, persuasion, impact
dan communication iklan online berpengaruh positif dan
siginifikan terhadap niat beli secara online melalui situs
tokopedia, baik itu secara simultan maupun parsial.
Description
Keywords
Empathy, Persuasion, Impact, Communication, Efektivitas Iklan Online, Metode EPIC, Niat Beli, Effectiveness of Online Advertising, EPIC Method, Purchase Intention