PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Sub Sektor Pertambangan Logam dan Mineral lainnya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2013)

No Thumbnail Available
Date
2015
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap return on equity dan return on investment. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah pengungkapan corporate social responsibility sebagai variabel independen. Sedangkan profitabilitas yang dipecah kedalam dua pengukuran yaitu return on equity dan return on investment sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah 8 perusahaan sub sektor pertambangan logam dan mineral lainnya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2013. Teknik pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik non probability sampling dengan metode sampling jenuh, dengan jumlah sampel sama banyaknya dengan populasi yaitu sebanyak 8 perusahaan. Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana pada taraf signifikansi sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengungkapan corporate social responsibility berpengaruh secara signifikan terhadap return on equity dan return on investment. Besar pengaruh pengungkapan corporate social responsibility dalam memberikan kontribusi pengaruh terhadap return on equity sebesar 33,3%. Sedangkan besar pengaruh pengungkapan corporate social responsibility dalam memberikan kontribusi pengaruh terhadap return on investment sebesar 35,6%.
Description
Keywords
Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Return On Equity, Return On Investment, Profitabilitas, Disclosure of Corporate Social Responsibility, Profitability
Citation