Pengaruh Kinerja Bauran Pemasaran Jasa Universitas Widyatama yang bergerak di Bidang Pendidikan terhadap Citra Perusahaan
No Thumbnail Available
Date
2008
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Annisa Lisdayanti, Pengaruh Kinerja Bauran Pemasaran Jasa Universitas
Widyatama yang bergerak di Bidang Pendidikan terhadap Citra Perusahaan di
bawah bimbingan Maya Ariyanti, S.E., M.M.
Universitas Widyatama adalah salah satu perusahaan pemberi jasa dibidang
pendidikan yang merupakan salah perguruan tinggi swasta di kota Bandung. Dengan
perkembangan pesatnya permintaan akan jasa pendidikan sudah tentu diiringi dengan
timbulnya persaingan yang tinggi. Mahasiswa sebagai konsumen jasa perguruan tinggi
pada dasarnya menilai lembaga pendidikan dari kreadibilitas, reputasi dan semacamnya,
yang selanjutnya disebut dengan citra perusahaan (corporate image) dari perguruan
tinggi tersebut.
Permasalahan yang dialami oleh perguruan tinggi swasta adalah turunnya minat
calon mahasiswa, hal ini disebabkan oleh karena bauran pemasaran yang dilakukan oleh
pihak universitas dan pemikiran-pemikiran mahasiswa atas citra yang dimiliki oleh pihak
perguruan tinggi. Hal ini pun dialami oleh Universitas Widyatama. Sebagaimana yang
telah diungkapkan sebelumnya, maka pada penelitian ini diidentifikasi hal-hal berikut :
bagaimana tanggapan mahasiswa mengenai bauran pemasaran jasa yang dilakukan oleh
Universitas Widyatama, bagaimana tanggapan mahasiswa mengenai citra yang dimiliki
oleh Universitas Widyatama, sejauhmana bauran pemasaran jasa mempengaruhi citra
Universitas Widyatama dan bauran pemasaran mana yang paling berpengaruh terhadap
citra Universitas Widyatama.
Penelitian ini bersifat deskriptif dan verifikatif, terhadap 370 sampel mahasiswa
dari populasi mahasiswa Universitas Widyatama. Analisis data dalam penelitian ini
menggunakan analisis jalur (path analysis).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bauran pemasaran jasa yang dilakukan
oleh Universitas Widyatama sudah cukup baik. Citra yang dimiliki oleh pihak Universitas
Widyatama di mata mahasiswa sudah baik.
Dari hasil pengujian statistik dengan menggunakan analisis jalur menunjukkan
bahwa pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap citra Universitas Widyatama tidak
cukup tinggi, faktor-faktor di luar bauran pemasaran jasa yang tidak diteliti oleh penulis
seperti program kerja Universitas atau prestasi yang pernah didapatkan olehUnit Kegiatan
Mahasiswa mungkin berpengaruh terhadap citra Universitas Widyatama.
Description
Keywords
Kinerja Bauran Pemasaran Jasa