Analisis Pengendalian Kualitas dalam Upaya untuk Menekan Tingkat Kegagalan Produk Kain Grey (Studi Kasus pada Pabrik Tenun PT. Sandratex)
No Thumbnail Available
Date
2005-10
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
PT Sandratex adalah perusahaan textile dengan orientasi pasar ekspor sehingga harus dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas produknya agar dapat memenangkan persaingan yang semakin kompetitif. Oleh karena itu, diperlukan adanya pengendalian kualitas. Selama ini, pengendalian kualitas di PT. Sandratex dilakukan dengan cara inspeksi pada kualitas bahan baku, proses produksi dan hasil produksi.
Penelitian yang dilakukan terhadap PT. Sandratex menggunakan metode Statistical Quality Control (SQC). Pengendalian kualitas terhadap hasil produksi dilakukan dengan membuat peta kendali p yang digunakan untuk menganalisis produk yang mengalami cacat atau ketidaksesuaian dengan standar. Dilengkapi dengan diagram pareto dan diagram sebab akibat. Setelah membuat peta kendali p, langkah selanjutnya adalah melakukan uji keseragaman data, yaitu dengan menghilangkan titik - titik yang berada di luar batas kendali. Setelah semua data sampel berada di dalam batas kendali. Setelah dilakukan analisis terhadap peta kendali yang sudah seragam tersebut, didapatkan bahwa masih terjadi penyimpangan yang berupa kecenderungan.
Berdasarkan diagram pareto, prioritas perbaikan yang perlu dilakukan adalah untuk jenis kecacatan berupa lusi putus (61,95%) dan salah cucuk (21,47%). Dari analisis dengan menggunakan diagram sebab akibat dapat diketahui faktor penyebab kecacatan yang utama adalah faktor manusia, bahan baku dan mesin sehingga perusahaan dapat mengambil tindakan pencegahan dan perbaikan untuk mengurangi produk cacat dan meningkatkan kualitas produk.
Description
Keywords
Analisis Pengendalian Kualitas