PRESUPPOSITION DALAM UJARAN PADA IKLAN TIDE AND DOWNY KAJIAN PRAGMATIK
No Thumbnail Available
Date
2015
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Skripsi ini berjudul “Presupposition dalam Ujaran pada Iklan Tide and Downy:
Kajian Pragmatik”. Topik yang diteliti dalam skripsi ini ialah presupposition yang
merupakan asumsi penutur sebelum menghasilkan ujaran. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis, yaitu metode
yang menjelaskan suatu objek penelitian melalui data yang dianalisis. Sumber
data diambil dari ujaran yang terdapat pada iklan berbahasa Inggris dari detergent
Tide and Downy, yang diperoleh dari website. Kerangka teori yang digunakan
berkaitan dengan presupposition berdasarkan kajian pragmatik. Penelitian ini
menjelaskan jenis-jenis presuposisi serta hubungannya dengan fungsi pragmatik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 30 ujaran dari 67 ujaran yang terdapat pada
iklan Tide and Downy ditemukan existential presupposition merupakan jenis
presupposition yang paling dominan, sebanyak 15 data, 6 data lexical
presupposition, 6 data factive presupposition, 2 data structural presupposition,
dan 1 data non-factive presupposition. Selain itu, kelima jenis presupposition
tersebut mengandung beberapa fungsi pragmatik yang pada akhirnya mencapai
persuasion function. Hal ini sesuai dengan tujuan iklan untuk membujuk calon
konsumen sebagai sasaran iklan untuk menggunakan barang atau jasa yang
diiklankan.
Description
Keywords
Presupposition, Fungsi Pragmatik, Iklan, Pragmatic Functions, Advertisement