PRESUPPOSITION DALAM UJARAN PADA IKLAN TIDE AND DOWNY KAJIAN PRAGMATIK

No Thumbnail Available
Date
2015
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Skripsi ini berjudul “Presupposition dalam Ujaran pada Iklan Tide and Downy: Kajian Pragmatik”. Topik yang diteliti dalam skripsi ini ialah presupposition yang merupakan asumsi penutur sebelum menghasilkan ujaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis, yaitu metode yang menjelaskan suatu objek penelitian melalui data yang dianalisis. Sumber data diambil dari ujaran yang terdapat pada iklan berbahasa Inggris dari detergent Tide and Downy, yang diperoleh dari website. Kerangka teori yang digunakan berkaitan dengan presupposition berdasarkan kajian pragmatik. Penelitian ini menjelaskan jenis-jenis presuposisi serta hubungannya dengan fungsi pragmatik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 30 ujaran dari 67 ujaran yang terdapat pada iklan Tide and Downy ditemukan existential presupposition merupakan jenis presupposition yang paling dominan, sebanyak 15 data, 6 data lexical presupposition, 6 data factive presupposition, 2 data structural presupposition, dan 1 data non-factive presupposition. Selain itu, kelima jenis presupposition tersebut mengandung beberapa fungsi pragmatik yang pada akhirnya mencapai persuasion function. Hal ini sesuai dengan tujuan iklan untuk membujuk calon konsumen sebagai sasaran iklan untuk menggunakan barang atau jasa yang diiklankan.
Description
Keywords
Presupposition, Fungsi Pragmatik, Iklan, Pragmatic Functions, Advertisement
Citation