Learning orientation dan performa universitas widyatama dilihat dari persepsi dosen dan karyawan administrasi

No Thumbnail Available
Date
2006-09
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk meiihat persepsi dosen tetap dan karyawan administrasi Universitas Widyatama atas implementasi orientasi belajar sebagai salah satu budaya organisasi, performa, serta hubungan di antara keduanya. Hal ini dilatar belakangi oleh meningkatnya persaingan yang dihadapi Universitas Widyatama sebagai organisasi. ~ Orientasi belajar merupakan salah satu budaya organisasi yang memenuhi kriteria resource-based view (RBV) sebagai sebuah resource yang unik yang mampu membentuk kapabilitas suatu organisasi. Kapabilitas yang diintegrasikan dengan resources lain yang dimiliki organisasi melalui proses kreatif akan menghasilkan inovasi yang dapat menjadi advantage bagi organisasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa menurut persepsi para dosen tetap dan karyawan administrasi, budaya belajar diiingkungan organisasi Universitas Widyatama masih rendah, dan performa Universitas Widyatama secara relative selama beberapa tahun terakhir ini juga kurang baik. Hasil Uji hipotesis menunjukkan bahwa orientasi belajar berhubungan positif dengan performa, dan dari keempat elemen orientasi belajar, ditemukan bahwa elemen komitmen belajar tidak berhubungan dengan performa. Temuan ini sejalan dengan beberapa temuan penelitian terdahulu yang menyimpulkan bahwa orientasi belajar berhubungan positif dengan performa. Dengan belajar organisasi akan memiliki akumulasi pengetahuan yang akan sangat diperiukan dalam usaha kreatif menghasilkan inovasi yang akan menjadi advantage dalam menghadapi perubahan yang terjadi pada lingkungan.
Description
Keywords
Learning Orientation
Citation