KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN LOYALITAS MAHASISWA PROGRAM STUDI AKUNTANSI DIPLOMA III
No Thumbnail Available
Files
Date
2007
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Perguruan Tinggi sebagai satu lembaga pendidikan tinggi, saat semakin dituntut
untuk senantiasa memberikan pelayanan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan
keinginan para mahasiswanya. Melalui pemberian pelayanan yang sesuai dengan tuntutan
para mahasiswanya maka diharapkan akan tercipta loyalitas yang tinggi dari para
mahasiswanya. Namun pada kenyataanya dalam upaya meningkatkan loyalitas tersebut,
masih tetap memiliki beberapa permalahan yang seringkali menimbulkan ketidakpuasan
para mahasiswa, dimana masalah tersebut bertumpu pada aspek pelayanan administrasi
akademik, serta sarana dan prasarana yang dinilai mereka masih belum sepenuhnya
memadai.
Sebagai ilustrasi dari hail survey pendahuluan masalah-masalah yang dihadapi
mahasiswa dewasa ini meliputi jadwal perwalian yang kurang jelas, jadwal kualiah yang
tidak konsisten sehubungan dengan kesibukan dosen pengajar, pengumuman nilai ujian
yang seringkali terlambat, dan sulitnya menguhubungi dosen-dosen tertentu dalam
'melakukan bimbingan penyusunan tugas akhir sehingga ha1 ini memperlambat
penyelesaikan studi para mahasiswa.
Memelihara loyalitas mahasiswa pada era bisnis masa kini adalah merupakan
tuntutan yang hams segera dilaksanakan, karena pada dasarnya dengan terpeliharanya
loyalitas mahasiswa maka pihak perguruan tinggi akan senantiasa terpelihara
kelangsungan hidupnya. Mahasiswa yang loyal ini diantaranya cenderung akan
memanfaatkan ulang jasa pendidikan dan juga melakukan keegiatan word of mouth
melalui pemberian rekomendasi kepada orang-orang terdekat mereka untuk menjadi
mahasiswa di perguruan tinggi tersebut.
Atas dasar uraian di atas maka dirasakan perlu untuk melakukan penelitian
tentang tingkat kualitas pelayanan pendidikan dalam upaya meningkatkan loyalitas
mahasiswa di PTS. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survey, dimana
informasi responden (mahasiswa) dari sebagian populasi dikumpulkan langsung di
tempat kejadian secara empirik dengan tujuan untuk mengetahui tanggapan atau pendapat
dari sebagian populasi yang bersangkutan terhadap objek penelitian.
Dari hasil penelitian terungkap bahwa secara keseluruhan, Dirnensi Responsiveness
perlu lebih ditingkatkan kine rjanya karena memperoleh skor terrendah (3,52), diikuti oleh
dimensi Tangible dan Emphaty. Sementara skor tertinggi diperoleh dimensi Reliability
(3,87). Dari hasil pengujian melalui anasisi jalur ternyat bahwa dimensi yang paing
dominan berpengaruh terhadap loyalitas mahasiswa adalah dimensi reliability dan
assurance. Jadi untuk meningkatkan loyalitas mahasiswa maka manajamen hendaknya
mempertimbangkan dua aspek utama dalam mengembangkan kualiyas layanan jasa
pendidikan.
Description
Keywords
Kualitas Pelayanan, Marketing