KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN LOYALITAS MAHASISWA PROGRAM STUDI AKUNTANSI DIPLOMA III

No Thumbnail Available
Date
2007
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Perguruan Tinggi sebagai satu lembaga pendidikan tinggi, saat semakin dituntut untuk senantiasa memberikan pelayanan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan para mahasiswanya. Melalui pemberian pelayanan yang sesuai dengan tuntutan para mahasiswanya maka diharapkan akan tercipta loyalitas yang tinggi dari para mahasiswanya. Namun pada kenyataanya dalam upaya meningkatkan loyalitas tersebut, masih tetap memiliki beberapa permalahan yang seringkali menimbulkan ketidakpuasan para mahasiswa, dimana masalah tersebut bertumpu pada aspek pelayanan administrasi akademik, serta sarana dan prasarana yang dinilai mereka masih belum sepenuhnya memadai. Sebagai ilustrasi dari hail survey pendahuluan masalah-masalah yang dihadapi mahasiswa dewasa ini meliputi jadwal perwalian yang kurang jelas, jadwal kualiah yang tidak konsisten sehubungan dengan kesibukan dosen pengajar, pengumuman nilai ujian yang seringkali terlambat, dan sulitnya menguhubungi dosen-dosen tertentu dalam 'melakukan bimbingan penyusunan tugas akhir sehingga ha1 ini memperlambat penyelesaikan studi para mahasiswa. Memelihara loyalitas mahasiswa pada era bisnis masa kini adalah merupakan tuntutan yang hams segera dilaksanakan, karena pada dasarnya dengan terpeliharanya loyalitas mahasiswa maka pihak perguruan tinggi akan senantiasa terpelihara kelangsungan hidupnya. Mahasiswa yang loyal ini diantaranya cenderung akan memanfaatkan ulang jasa pendidikan dan juga melakukan keegiatan word of mouth melalui pemberian rekomendasi kepada orang-orang terdekat mereka untuk menjadi mahasiswa di perguruan tinggi tersebut. Atas dasar uraian di atas maka dirasakan perlu untuk melakukan penelitian tentang tingkat kualitas pelayanan pendidikan dalam upaya meningkatkan loyalitas mahasiswa di PTS. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survey, dimana informasi responden (mahasiswa) dari sebagian populasi dikumpulkan langsung di tempat kejadian secara empirik dengan tujuan untuk mengetahui tanggapan atau pendapat dari sebagian populasi yang bersangkutan terhadap objek penelitian. Dari hasil penelitian terungkap bahwa secara keseluruhan, Dirnensi Responsiveness perlu lebih ditingkatkan kine rjanya karena memperoleh skor terrendah (3,52), diikuti oleh dimensi Tangible dan Emphaty. Sementara skor tertinggi diperoleh dimensi Reliability (3,87). Dari hasil pengujian melalui anasisi jalur ternyat bahwa dimensi yang paing dominan berpengaruh terhadap loyalitas mahasiswa adalah dimensi reliability dan assurance. Jadi untuk meningkatkan loyalitas mahasiswa maka manajamen hendaknya mempertimbangkan dua aspek utama dalam mengembangkan kualiyas layanan jasa pendidikan.
Description
Keywords
Kualitas Pelayanan, Marketing
Citation
Collections