ANALISIS PENGARUH STRATEGI KOMUNIKASI TERHADAP MINAT KONSUMEN PADA SHOOTERS POOL TABLES
No Thumbnail Available
Date
2014-05-08
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Seminar Nasional Kewirausahaan dan Inovasi Bisnis IV 2014, Universitas Tarumanagara
Abstract
Persaingan yang semakin kuat membuat perusahaan harus memiliki strategi
komunikasi yang baik sehingga memunculkan peluang bagi perusahaan untuk
berkembang dan lebih unggul dari pesaingnya. Strategi komunikasi dapat diartikan
hubungan pengirim dan penerima, dapat mengalir dalam satu arah dan berakhir
disana, atau sebuah pesan dapat menimbulkan respon secara formal yang dikenal
dengan nama umpan balik dari penerima. (Setiadi, 2008: 242). Sedangkan minat beli
ialah dorongan yang timbul dalam diri seseorang untuk membeli barang atau jasa
dalam rangka pemenuhan kebutuhan. (McCarthy 2002:298). Shooters pool tables
adalah salah satu perusahaan di kota bandung yang bergerak di industri olahraga dan
hiburan yaitu billiard, sehingga untuk memberikan image yang baik harus memiliki
strategi komunikasi yang baik untuk menimbulkan minat konsumen dalam
menggunakan produk pada shooterspool tables. Tujuan dari penelitian ini untuk
mengetahui pelaksanaan strategi komunikasi, mengetahui minat konsumen dan
mengetahui seberapa besar pengaruh strategi komunikasi terhadap minat konsumen
pada Shooters pool tables .Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan Pelaksanaan strategi komunikasi pada Shooters pool
tables dapat dikatakan baik dengan nilai sebesar 3.88. Minat konsumen terhadap
Shooters pool tables dapat dikatakan tinggi dengan nilai sebesar 3,90 Pengaruh
strategi komunikasi terhadap minat konsumen pada Shooters pool tablesdiperoleh
nilai sebesar 0.621 menunjukkan hubungan yang kuat.Besarnya pengaruh strategi
komunikasi pemasaran terhadap minat konsumen Shooters pool tables sebesar
38.56%, sisanya 61.44% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti. Hasil uji
hipotesis t hitung 2.240 > t tabel 1.66 Ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima, maka
strategi komunikasi memiliki pengaruh terhadap minat konsumen pada Shooters pool
tables.
Description
Keywords
strategi komunikasi, minat konsumen