TINJAUAN ATAS PROSEDUR SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBELIAN PADA PT. INTI (PERSERO) BANDUNG
No Thumbnail Available
Date
2013
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Fungsi pembelian sering dianggap sebagai bagian yang paling penting dan berpengaruh, bahkan bisa dikatakan sebagian besar proses bisnis berasal dari kegiatan pembelian. Alasan yang mendasar untuk membahas tentang pembelian ialah karena dalam bidang ini pemborosan dan penyimpangan mudah terjadi sehingga dibutuhkan sebuah sistem informasi akuntansi pembelian untuk memberikan informasi mengenai pembelian yang dibutuhkan manajemen sebagai dasar pengambilan keputusan. Pembelian merupakan sistem aplikasi siklus pengeluaran yang umum, sistem aplikasi pembelian mencakup prosedur-prosedur pemilihan pemasok, permintaan, pembelian, penerimaan, dan pembayaran kepada pemasok. Mengingat prosedur-prosedur pembelian yang cukup komplek, perusahaan perlu memiliki fungsi-fungsi yang saling bekerjasama untuk mendukung suatu pengendalian intern yang baik. Tujuan penulisan tugas akhir ini untuk mengetahui penerapan prosedur sistem informasi akuntansi pembelian pada PT. INTI yang berlokasi di Jalan Moch. Toha No. 77 Bandung. Dalam penyusunan tugas akhir ini penulis menggunakan metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data penelitian kepustakaan dan kerjapraktik yang meliputi observasi dan wawancara.
Sistem informasi akuntansi memiliki peranan yang penting di PT. INTI terutama dalam permbelian barang. Hal ini jelas untuk mencegah terjadinya penyimpangan-penyimpangan yang tidak diinginkan oleh perusahaan, karena dapat merugikan pihak perusahaan tersebut.
Dari hasil observasi yang penulis lakukan, maka penulis menyimpulkan bahwa sistem informasi akuntansi pembelian barang pada PT. INTI sudah cukup memadai, hal ini dapat dilihat dari penggunaan formulir, catatan, serta laporan yang dihasilkan. Selain itu, pelaksanaan sistem informasi akuntansi pembelian barang pada PT. INTI dalam praktiknya sudah cukup baik dengan adanya prosedur sistem informasi pembelian barang yang telah ditetapkan, namun masih ada beberapa kendala ekstern seperti penyimpanan surat-surat atau dokumen pembelian barang yang tidak teratur dan dapat menimbulkan masalah apabila
menyulitkan dalam pencarian data yang dibutuhkan maupun hilang sehingga harus ditindaklanjuti.
Description
Keywords
Pembelian Barang, Sistem Informasi Akuntansi, Purchase of Goods, Accounting Information Systems