Analisis Model Penciptaan Nilai (Value Creation) Dengan Mempertimbangkan Perbaikan Proses Bisnis Untuk Meningkatkan Keunggulan Daya Saing Berkelanjutan Di Pos Express PT Pos Indonesia
No Thumbnail Available
Date
2006-12
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Dalam persaingan dunia usaha yang semakin tinggi saat ini, perusahaan
harus dapat mengembangkan dan menciptakan nilai-nilai baru atau inovasi untuk
dapat bertahan dalam persaingan, antara lain dengan menciptakan nilai melalui
Perbaikan Proses Bisnisnya. Penciptaan Nilai adalah penambahan nilai baru
terhadap kegiatan individu atau kelompok untuk menghasilkan produk/jasa yang
lebih cepat, lebih tepat, lebih efisien, lebih bermutu, lebih responsif, dan lebih
fleksibel. Sedangkan Proses Bisnis adalah cara yang lebih baik untuk mendeliver
atau menyampaikan barang dan jasa kepada pelanggan.
Proses bisnis dibagi menjadi empat dimensi, yaitu : Kompetensi Pegawai,
Proses Kerja, Pemanfaatan Teknologi, dan Rumusan Strategi. Penelitian ini
difokuskan pada dimensi Proses Bisnis sebagai faktor yang berpengaruh terhadap
Penciptaan Nilai dan Keunggulan Daya Saing Berkelanjutan. Proses Bisnis
mempengaruhi Penciptaan Nilai dan Keunggulan Daya Saing Berkelanjutan,
kemudian Penciptaan Nilai mempengaruhi Keunggulan Daya Saing
Berkelanjutan. Dalam penelitian ini sarana yang digunakan untuk berkomunikasi
secara tidak langsung dengan responden adalah kuesioner.
Responden yang menjadi objek penelitian ini adalah pegawai dan
pelanggan (konsumen korporat) Pos Express PT Pos Indonesia. Pos Express
merupakan salah satu produk unggulan dari PT Pos Indonesia yang sedang
berkembang pesat dan sedang bersaing ketat dengan perusahaan sejenis.
Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan Analisis Jalur yang digunakan
untuk menentukan besarnya pengaruh suatu variabel ataupun beberapa variabel
terhadap variabel lainnya baik pengaruh yang sifatnya langsung atau tidak
langsung. Dari hasil Analisis Jalur di dapat bahwa faktor yang paling dominan
dalam dimensi Proses Bisnis adalah Proses Kerja dan Pemanfaatan Teknologi
yang berkontribusi tinggi terhadap Penciptaan Nilai, sementara Kompetensi
Pegawai dan Rumusan Strategi belum mempunyai berkontribusi terhadap
Penciptaan Nilai yang berimplikasi terhadap Keunggulan Daya Saing
Berkelanjutan di Pos Exprees PT Pos Indonesia.
Description
Keywords
Dimensi Proses Bisnis, Penciptaan Nilai