PENGARUH E-COMERCE DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA FORUM JUAL BELI KASKUS DI BANDUNG
No Thumbnail Available
Date
2013-11-16
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
"SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERAPAN (SEMANTIK) 2013 ,Universitas Dian Nuswantoro
Abstract
Perkembangan internet semakin melaju pesat, hal ini ditandai meningkatnya pengguna internet. Internet bukan hanya sekedar
menciptakan kemampuan untuk mencari informasi, namun internet sekarang mampu mengubah batasan proses bisnis atau
perilaku bisnis. Perilaku pembelian secara online sangat berbeda dengan pembelian secara konvensional atau secara umum.
Kaskus mempunyai wadah yang namanya forum jual beli. Wadah ini menampung penjual dan pembeli beriklan,
berkomunikasi dan bertransaksi. Proses ini disebut dengan e-comerce, namun tidak hanya faktor e-comerce yang dapat
membangun kpuasaan konsumen namun faktor kepercayaan juga ikut andil daalam membangun kepuasan konsumen dalam
bertransaksi secara online pada forum jual beli di kaskus Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
tanggapan pengguna tentang e-comerce pada forum jual beli di kaskus Bandung , bagaimana tanggapan tentang kepercayaan
konsumen pada forum jual beli di kaskus Bandung, bagaimana tanggapan kepuasan konsumen pada forum jual beli di kaskus
Bandung, serta seberapa besar dampak e-comerce dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen pada forum jual beli di
kaskus Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan survey. Analisa data menggunakan regresi
berganda (multiple regresion). Hasil penelitian menunjukkan e-comerce dan kepercayaan memberikan dampak yang positif
dan significant terhadap kepuasan konsumen pada forum jual beli pada kaskus Bandung. Untuk itu, penelitian ini
menyarankan dalam rangka meningkatkan kepuasan konsumen pada forum jual beli pada kaskus Bandung, dengan
meningkatkan pelayanan melalui peningkatan keamanan, peningkatan intensitas komunikasi/interaksi serta menggalang
recommended seller, hal ini guna meningkatkan kepercayaan konsumen, sehingga menumbuhkan kepuasan konsumen.
Description
Keywords
E-commerce, Kepercayaan, Kepuasan Konsumen