PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA BARAYA TRAVEL (Survey Pada Konsumen Baraya Travel)
No Thumbnail Available
Date
2010
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Dalam penyusunan skripsi ini penulis melakukan penelitian pada Baraya
Travel untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan
konsumen pada Baraya Travel. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah
metode survei, dimana variabel yang akan diuji adalah variabel kualitas
pelayanan dan kepuasan konsumen, teknik pengumpulan data berupa penelitian
lapangan dengan cara wawancara dan penyebaran kuesioner yang dilakukan
dengan teknik accidental sampling. Sedangkan teknik pengolahan data
menggunakan rumus korelasi rank spearman’s. Hasil dari penelitian ini
menyimpulkan bahwa tanggapan responden terhadap kualitas pelayanan baik, ini
dapat dilihat dari nilai rata-rata sebesar 3,69 yang berada dalam interval 3,40 –
4,19. Dan tanggapan responden tentang kepuasan konsumen atas pelayanan juga
baik, ini pun dapat dilihat dari nilai rata-rata sebesar 4,36 yang berada dalam
interval 4,20 - 5,00. Selanjutnya, terdapat hubungan yang kuat antara kualitas
pelayanan dengan kepuasan konsumen yaitu sebesar 0.625. Adapun besarnya
pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen adalah 39%. Variabel y
dapat di prediksi berdasarkan persamaan regresi Ŷ = -34,602 + 0,680 X . Dari
persamaan regresi linier berganda diatas diperoleh nilai konstanta sebesar -34,602.
Artinya, jika tingkat kepuasan konsumen tidak dipengaruhi oleh variabel
bebasnya (Kualitas pelayanan), maka besarnya rata-rata tingkat kepuasan
konsumen akan bernilai sebesar -34,602. Hasil pengujian hipotesis, diperoleh nilai
thitung lebih besar dari nilai ttabel yaitu 7,923 > 1,661, berdasarkan perbandingan
dapat disimpulkan bahwa maka Ho ditolak atau berarti terdapat hubungan yang
positif antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen atau hubungannya
searah.
Description
Keywords
Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, Accidental Sampling, Rank Spearman