HUBUNGAN FAKTOR MOTIF BERPRESTASI DENGAN KINERJA TENAGA EDUKATIF (Penelitian di Sekolah Tinggi Seni Rupa & Desain Indonesia Bandung)
No Thumbnail Available
Date
2006
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Tesis Magister Management, Universitas Widyatama
Abstract
ABSTRAK Prima Oryza 1.405.015, HUBUNGAN FAKTOR MOTIF BERPRESTASI DENGAN KINERJA TENAGA EDUKATIF, dibawah bimbingan Irfanul Kamal, S.E.,M.H.R.M dan Latief Sastranegara, Drs.,M.PSi Dalam proses belajar mengajar di STISI terlibat mahasiswa/i, dosen dan para staf akademik sehingga dibutuhkan kerjasama semua pihak untuk menjalankan proses belajar mengajar. Namun demikian, terjadi fenomena yang tidak baik di STISI yaitu proses belajar yang ditandai dengan tingkat kehadiran dosen, tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh manajemen STISI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif berprestasi dan kinerja tenaga edukatif STISI Bandung dan mengetahui sejauh mana keterkaitan motif berprestasi tenaga edukatif atau dosen dengan kinerja pada Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia (STISI) Bandung. Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya hubungan yang kuat atau hubungan yang positif antara motif berprestasi dengan kinerja tenaga edukatif atau dosen di Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia (STISI) Bandung. Metode peneltiain ini adalah penelitian eksplanatif dengan pendekatan survey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif berprestasi tenaga edukatif tergolong cukup. Hal ini diperkuat oleh nilai rata-rata sub variabel motif berprestasi yang tergolong cukup, yaitu sub variabel cukup bekerja keras dan mengembangkan cara-cara baru dalam menyelesaikan pekerjaan, mengharapkan keberhasilan dalam pekerjaan, menyukai tantangan dalam pekerjaan, menyukai situasi kerja dan memerlukan umpan balik Sedangkan tingkat kinerja tenaga edukatif tergolong cukup. Hal ini didukung oleh tanggapan untuk masing-masing sub variabel yang tergolong cukup untuk tingkat kualifikasi, kesesuaian dengan minat, kegantungan dengan peraturan, dan penyesuaian pribadi, Derajat hubungan antara motif berprestasi dan kinerja adalah sebesar 0,762 berarti adanya hubungan yang erat antara motif berprestasi dengan kinerja, jadi motif berprestasi memiliki pengaruh yang kuat terhadap munculnya kinerja.
Description
Keywords
Faktor, Kinerja, Edukatif, relationship, lecturers