PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN TINGGI TERHADAP LOYALITAS MAHASISWA UNIVERSITAS WIDYATAMA
No Thumbnail Available
Files
Date
2010-04-23
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
2nd National Post Graduate Conference on Business & Management, Program Doktor Ilmu Ekonomi Kekhususan Managemen Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bauran pemasaran jasa pendidikan tinggi, loyalitas
mahasiswa dan pengaruh bauran pemasaran jasa pendidikan tinggi terhadap loyalitas mahasiswa
Fakultas Bisnis & Manajemen Universitas Widyatama. Penelitian yang dilakukan bersifat
deskriptif dan verifikatif dengan metode penelitian survai deskriptif dan eksplanatori.Metode
sampling adalah non probability sampling dengan teknik judgment untuk menarik sampel.
Ukuran sampel 160 mahasiswa Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama.
Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan, observasi dan
kuesioner. Sedangkan teknik analisa datanya analisa jalur. Hasil penelitian ini adalah akreditasi
mempermudah mendapatkan pekerjaan, bangga menjadi mahasiswa Universitas Widyatama,
kurikulum mampu meningkatkan kemampuan manajerial dan bisnis, materi kuliah berguna
untuk kebutuhan lapangan kerja, dan program Kuliah Kerja Lapangan bermanfaat..Tetapi,
program studi yang ditawarkan masih kurang beragam dan waktu kuliah cukup cepat. Dosen
mampu mengajar dan membangkitkan motivasi belajar serta konsisten dalam ketepatan waktu
mengajar. Hanya saja, tenaga administrasi masih kurang ramah. Ruangan belajar yang bersih
dan peralatan praktikum sudah lengkap. Tetapi kualitas bangunan gedung dan ketersediaan
kantin masih biasa saja serta buku-buku diperpustakaan masih kurang lengkap. Perkuliahan
yang diikuti menarik, pelaksanaan registrasi yang tepat waktu. Tetapi, prosedur daftar ulang
kurang sederhana dan kurang mudah melalkukan komplain atas layanan yang diterima. Biaya
kuliah terjangkau dan metode pembayaran kuliah yang beragam. Tetapi jangka waktu
pembayaran kuliah kurang fleksibel serta biaya perkuliahan kurang sesuai dengan fasilitas yang
diterima. Tempat dan lokasi mudah dicapai dan adanya ketersediaan transportasi umum untuk
mencapai kampus. Informasi mengenai registrasi perkuliahan banyak tersedia, jadwal kuliah
jelas serta banyak tersedia beasiswa. Akan tetapi, kurang banyak tersedia informasi lowongan
kerja. Loyalitas mahasiswa terhadap Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama
terdiri dari mereka selalu melakukan registrasi ulang menjelang awal perkuliahan dan akan
merekomendasikan kepada orang lain untuk kuliah di Universitas Widyatama. Selain itu, tidak
akan mengambil kesempatan cuti akademik dan tidak akan pindah ke perguruan tinggi lainnya.
Pengaruh bauran pemasaran jasa pendidikan tinggi berpengaruh terhadap loyalitas mahasiswa
universitas widyatama sebesar 51,7 % dan sisanya oleh variable lain yang tidak diteliti dalam
penelitian ini.
Description
Keywords
Bauran Pemasaran Jasa Pendidikan Tinggi, Loyalitas