PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO GROSIR SEMBAKO (STUDI KASUS TOKO MAY JAYA, KECAMATAN SUKATANI)

Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Grosir Sembako May Jaya, Sukatani. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh orang yang tertarik untuk melakukan pembelian pada toko grosir sembako May Jaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan metode nonprobability sampling dan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Pengolahan data dilakukan dengan analisis uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, pengujian hipotesis, dan koefisien determinasi dengan menggunakan alat bantu program SPSS 26.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel kualitas pelayanan (X1) dan kualitas produk (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian(Y). Hasil pengujian secara parsial menghasilkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian toko grosir sembako May Jaya, Sukatani. Kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian pada toko grosir sembako May Jaya, Sukatani. Hasil uji F pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan kualitas produk secara simultan berpengaruh signifikan sebesar 35,3% terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian koefisien korelasi menunjukkan nilai Rsquare sebesar 42,1% sedangkan sisanya dapat dijelaskan oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini, dan nilai R yang diperoleh pada penelitian ini adalah sebesar 0,649 dan termasuk dalam kategori tingkat hubungan korelasi erat.
Description
Keywords
Citation