PENGARUH DIGITAL MARKETING, BRAND AWARENESS DAN SERVICE QUALITY TERHADAP REPURCHASE INTENTION (Studi di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Karyawan)
Loading...
Date
2024
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Magister Manajemen Sekolah Pasca Sarjana Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingat penetrasi dan densitas tentang asuransi
di Indonesia masih sangat rendah dibanding dengan negara ASEAN. Tingkat
literasi masyarakat Indonesia yang rendah tentang asuransi, mengakibatkan tingkat
masyarakat yang memiliki asuransi masih rendah. Jika sosialisasi masif dan
pemanfaatan digitalisasi dalam memasarkan program asuransi kepada masyarakat
baik, maka tingkat penetrasi dan densitas asuransi menjadi tinggi.Tidak hanya itu,
dengan memiliki brand awareness serta kualitas layanan yang baik kepada peserta,
maka secara simultan akan meningkatkan loyalitas dan keinginan untuk
menggunakan asuransi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh
Digital Marketing, Brand Awareness, dan Service Quality terhadap Repurchase
Intention pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Karawang. Dalam penelitian ini
metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif
dan verifikatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan
data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan
menyebarkan kuesioner melalui nonprobability sampling terhadap 100 orang yang
telah mengajukan klaim JHT di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Karawang.
Berdasarkan hasil penelitian, dengan analisis Partial Least Square (PLS) –
Structural Equation Modeling (SEM) diperoleh nilai sebesar 0.772. Digital
Marketing mampu mempengaruhi Repurchase Intention secara signifikan dengan
nilai t-statistics sebesar 2.498 yang mana nilai tersebut lebih besar dari 1.96 dan
juga menghasilkan nilai p-value sebesar 0.013 yang nilainya lebih kecil dari 0.05.
Variabel Brand Awareness secara signifikan mampu mempengaruhi Repurchase
Intention dengan nilai t-statistics sebesar 2.240 yang mana nilai tersebut lebih besar
dari 1.96 dan juga menghasilkan nilai p-value sebesar 0.026 yang nilainya lebih
kecil dari 0.05. Begitupun dengan variabel Service Quality mampu mempengaruhi
Repurchase Intention secara signifikan dengan nilai t-statistics sebesar 2.753 yang
mana nilai tersebut lebih besar dari 1.96 dan juga menghasilkan nilai p-value
sebesar 0.006 yang nilainya lebih kecil dari 0.05. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa Digital Marketing, Brand Awareness, dan Service Quality
mampu mempengaruhi Repurchase Intention secara signifikan pada BPJS
Ketenagakerjaan Cabang Karawang.