PENGARUH DIGITAL MARKETING, BRAND AWARENESS DAN SERVICE QUALITY TERHADAP REPURCHASE INTENTION (Studi di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Karyawan)

Loading...
Thumbnail Image
Date
2024
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Magister Manajemen Sekolah Pasca Sarjana Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingat penetrasi dan densitas tentang asuransi di Indonesia masih sangat rendah dibanding dengan negara ASEAN. Tingkat literasi masyarakat Indonesia yang rendah tentang asuransi, mengakibatkan tingkat masyarakat yang memiliki asuransi masih rendah. Jika sosialisasi masif dan pemanfaatan digitalisasi dalam memasarkan program asuransi kepada masyarakat baik, maka tingkat penetrasi dan densitas asuransi menjadi tinggi.Tidak hanya itu, dengan memiliki brand awareness serta kualitas layanan yang baik kepada peserta, maka secara simultan akan meningkatkan loyalitas dan keinginan untuk menggunakan asuransi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Digital Marketing, Brand Awareness, dan Service Quality terhadap Repurchase Intention pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Karawang. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan menyebarkan kuesioner melalui nonprobability sampling terhadap 100 orang yang telah mengajukan klaim JHT di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Karawang. Berdasarkan hasil penelitian, dengan analisis Partial Least Square (PLS) – Structural Equation Modeling (SEM) diperoleh nilai sebesar 0.772. Digital Marketing mampu mempengaruhi Repurchase Intention secara signifikan dengan nilai t-statistics sebesar 2.498 yang mana nilai tersebut lebih besar dari 1.96 dan juga menghasilkan nilai p-value sebesar 0.013 yang nilainya lebih kecil dari 0.05. Variabel Brand Awareness secara signifikan mampu mempengaruhi Repurchase Intention dengan nilai t-statistics sebesar 2.240 yang mana nilai tersebut lebih besar dari 1.96 dan juga menghasilkan nilai p-value sebesar 0.026 yang nilainya lebih kecil dari 0.05. Begitupun dengan variabel Service Quality mampu mempengaruhi Repurchase Intention secara signifikan dengan nilai t-statistics sebesar 2.753 yang mana nilai tersebut lebih besar dari 1.96 dan juga menghasilkan nilai p-value sebesar 0.006 yang nilainya lebih kecil dari 0.05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Digital Marketing, Brand Awareness, dan Service Quality mampu mempengaruhi Repurchase Intention secara signifikan pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Karawang.
Description
Keywords
Citation
Collections