PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE KATEGORI MAKANAN DAN MINUMAN (TOKOPEDIA) (Studi Kasus di Tokopedia)
Loading...
Date
2023
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widyatama
Abstract
Tujuan penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Digital Marketing dan
Iklan terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Kategori Makanan dan
Minuman (Tokopedia). Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang sering
berbelanja online yaitu sebanyak 50 responden. Metode penelitian yang digunakan
adalah deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik Analisa data
yang digunakan adalah menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa tanggapan responden mengenai Digital Marketing dengan nilai cukup baik,
daya tarik iklan dengan nilai baik, dan keputusan pembelian dengan nilai baik. Hasil
pengujian juga menunjukkan bahwa digital marketing dan iklan terhadap keputusan
pembelian memiliki nilai korelasi yang kuat sehingga memperkuat hubungan antar
variabel.
Pada Uji t menunjukkan variabel Digital Marketing (X1) berpengaruh positif
terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y), variabel Digital Marketing memiliki
nilai thitung > ttabel yaitu 2,653 > 1,678 dengan signifikansi sebesar 0,011 < 0,05
sehingga dapat disimpulkan bahwa 𝐇𝟏 diterima. Dan variabel Iklan (X2)
berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian (Y), variabel iklan memiliki
nilai thitung > ttabel yaitu 4,870 > 1,678 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05
sehingga dapat disimpulkan bahwa 𝐇𝟐 diterima. Pada Uji F variabel digital
marketing dan iklan berpengaruh secara simultan atau bersama-sama terhadap
keputusan pembelian dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 15,331 > 3,200 dan
signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.