ANALISIS TIMMONS DALAM MEMBANGUN BISNIS SATE BEBEK SETENGAH METER (KHAS BANYUMAS) DI KOTA BANDUNG
Loading...
Date
2023
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widyatama
Abstract
Usaha kuliner “Satengah Bebek” Sate Bebek Setengah Meter khas Banyumas di
Bandung memiliki potensi untuk menjadi bisnis yang sukses berdasarkan hasil analisis
keuangan, pemasaran, sumber daya manusia, dan operasional. Dalam analisis keuangan,
investasi dalam bisnis ini menunjukkan potensi pengembalian yang baik melalui indikator
keuangan seperti Payback Period (PP) hasil kembali investasi 1 tahun 3 bulan, Net Present
Value (NPV) yang positif (+) yaitu Rp. 213.682.819, dan Internal Rate of Return (IRR)
dengan hasil 40,43%. Selain itu, aspek pemasaran melibatkan penggunaan media sosial,
partisipasi dalam bazar, dan promosi aktif di media sosial. Sumber daya manusia terdiri
dari lima karyawan dengan gaji yang memadai untuk memastikan kelancaran operasional.
Keunikan dalam menyajikan sate bebek yang jarang ditemukan di daerah Bandung juga
menjadi daya tarik bagi pelanggan. Analisis Timmons menunjukkan bahwa bisnis ini
memiliki IRR yang tinggi, sehingga layak untuk ditindaklanjuti. Pengembangan bisnis ini
meliputi pelayanan yang baik kepada pelanggan untuk membangun hubungan jangka
panjang, potensi ekspansi ke pasar lain yang memiliki potensi yang besar, dan berinovasi
dalam menu dan presentasi produk untuk membedakan bisnis dari pesaing dan menarik
perhatian konsumen baru. Dengan mengimplementasikan diharapkan bisnis Sate Bebek
Setengah Meter khas Banyumas dapat mencapai kesuksesan jangka panjang.