APLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE TENTANG SATWA LAUT LANGKA DI INDONESIA

Loading...
Thumbnail Image
Date
2020
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Informatika S1 Fakultas Teknik Universitas Widyatama
Abstract
Indonesia merupakan negara dengan puluhan provinsi yang mempunyai keaneka ragaman, mulai dari budaya sampai satwa yang hidup di tiap daerahnya yang menjadikan keunikan dan ciri khas tersendiri bagi negara Indonesia. Indonesia yang mempunyai puluhan pulau tentu saja memiliki daerah perairan yang terbagi-bagi, dan menjadikan tiap bagian itu mempunyai ciri khas masing masing berupa satwa laut yang tinggal didalamnya. Penyebab utama spesies tersebut dapat punah adalah dikarenakan banyaknya diburu oleh manusia dan rusaknya tempat tinggal satwa tersebut oleh limbah yang di hasilkan oleh manusia. Perancangan aplikasi pembelajaran berbasis Mobile tentang satwa laut langka di Indonesia menggunakan Unified Modeling Language yang terdiri dari Usecase Diagram, Class Diagram , Activity Diagram dan Sequence Diagram, lalu dikembangkan menggunakan unity. Pengguna dapat melihat gambar dan video tentang satwa laut langka tersebut dan ada quiz agar mengetahui sejauh mana pengetahuan tentang satwa laut langka yang didapat dari aplikasi tersebut. Aplikasi di uji menggunakan metode black box. Evaluasi aplikasi menggunakan uji coba berupa kuesioner, dengan hasil 100% untuk kemudahan penggunaan aplikasi, 95,2% tombol pada aplikasi berfungsi sepenuhnya dan 100% Informasi yang diberikan mudah untuk dipahami. Kesimpulan yang dibuat adalah aplikasi yang dibangun berbasis Mobile Android tentang satwa laut langka di Indonesia dan desain interaksi yang dibangun sudah menarik dan mudah di gunakan menurut koresponden.
Description
Keywords
Citation