Browsing by Author "Ridwansyah, Iwan"
Now showing 1 - 13 of 13
Results Per Page
Sort Options
- ItemANALYSIS ASPECT INNOVATION, CREATIVITY AND ENTREPRENEURIAL OF DIANA PRINT DIGITAL AS IDEA BUSINESS PLAN(ISC Faculty of Economics Univeritas Negeri Jakarta, 2010-11-09) Ridwansyah, Iwan; Hendri, MerizaIn all globalization of computerization this time, needed a human being which will open employment alone, because progresively difficult work field day isn’t it got. To open work which is good to be needed a business plan, where with matured business plan hence resistance to face can anticipate and managed to be searched way out. Business plan is an guidance able to be developed and can follow as long as business age, and expected can give more information detailed to the all aspect operate for company in the past and period to now, and some years projection forwards. Business plan is documentation financing of which can move forward the target company which intrinsically is a planning process of marketing, operation, human resource, monetary and business management system. In digital print Diana plan business will study four important aspect in management that is administration aspect, marketing aspect, operational aspect and monetary aspect. Besides four mentioned aspect, in this innovate in used equipment facet and innovation in marketing facet. So that of management company can determine marketing plan, personel plan and monetary plan for present day situation and a period of/to come. From result analyse and solution there are some point conclusions of which can made guidance to all owners of capital to be able to figure in the fund of to company of than can assist government in the case of creating new employment.
- ItemFaktor-faktor Yang Menimbulkan Brand Equity Untuk Produk Sepeda Motor Honda dan Yamaha Menurut Persepsi Mahasiswa di Wilayah Bandung Tahun 2010(Universitas Widyatama, 2010-11-02) Ridwansyah, IwanPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aspek-aspek brand equity untuk kategori sepeda motor. Untuk itu aspek-aspek brand equity diwakili dengan brand awareness, brand associations, perceived quality dan brand loyalty. Sejalan dengan perkembangan kompetisi, menunjukan beberapa produsen motor mulai melakukan inovasi produk dan kampanye periklanan yang cukup gencar. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan konsumen terhadap sepeda motor yang terus meningkat seiring dengan meningkatnya kemacetan di jalan raya oleh pengguna kendaran roda empat. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui kesadaran konsumen akan keberadaan brand-brand sepeda motor (2) Mengetahui konsumen dapat mengasosiasikan brand sepeda motor yang dipakainya, jika dihubungkan dengan fungsi dan citra brand sepeda motor tersebut, (3) Mengetahui loyalitas konsumen terhadap brand sepeda motor yang dipakainya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan analisis kualitatif. Adapun lokasi penelitian ini di wilayah bandung. Yang menjadi responden yaitu mahasiswa yang pada saat penelitian ini dilakukan sedang memakai salah satu dari dua brand sepeda motor yang diteliti.
- ItemIDENTIFlKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS KEWlRAUSAHAAN Survey PADA WlRAUSAHA MAHASISWA di WEe Universitas Widyatama(Konferensi Nasional, FE Universitas Katolik Widya Mandala, 2008-09-06) Ariyanti, Maya; Haruman, Tendi; Ridwansyah, Iwan; Lisdayani, AnisaPenomena krisis yang memiliki dampav buruk pada ekonomi Bangsa Indonesia, ternyata juaga membawa dampak positif dalam konstelasi bisnis di Indonesia, yaitu dengan lahirnya kesadaran bahwa wirausaha lah yang menentukan mene!1tukan keberhasilan ekonomi bangsa. Perguruan tinggi dapandang sebagai institusi yang mampu melahirkan wiratl:,aha yang handal karena pada hakekatnya wirausaha bisa dilahirkan. Beberapa perguruan Tinggi di Indonesia meresepon hal ini dengan mengusllng spirit kewirausahaan c1alall1 proses pendidikannya . . Penelitian ini pertlljuan untuk melakukan idel1lifikasi faktor-faktor yang mempengartlhi kualitas kewirausahaan mahasiswa seeara generil: yang terdiri dari 1) Ketaatan pada kontrak kelja; 2) Penearian infonnasi; 3) Penetapan tujua.1; 4) Penearian peluang; 5) Pereneanaan dan monitoring; 6) Tuntutan terhadap kualitas; 7) Penanggungan risiko; 8) Pereaya diri: 9) Kegigihan dan ketekunan; dan 10) Jaringan usaha. Adapun yang menjadi objek penel itian adalah wirausaha mahasiswa yang tergabung dalam Widyatama Entrepreneursip Club (WEC). Sedangkan metcde penelitian yang digunakan adalah metode survey deskriptif. Berdasarkan hasil peneIitian diketahui bahwa seeara umum tingkat peneapaian kualitas kewirausahaan mahasiswa tergolong tinggi. Seeara khusus indikator kualitas yang tertinggi adalah penearian informasi, penetapan tujuan, dan penearian peluang, serta pereaya diri. Sedangkan yang terendah adalah penanggungan risiko, jaringan usaha dan ketaataE pad a kontrak kerja. Berdasarkan temllan ini, maka institusi pergurrJan tinggi dapat mendorong lahimya wirausaha dengan memutakhirkan proses pendidikan yang berorientasi pada bisnis yang menageable dan terintegrasi dengan industri untllk mene~ptakan jaringan usaha.
- ItemTHE INFLUENCE OF ADVERTSING PROGRAM THOROUGH INTERNET TOWARD TARGET MARKET BUYING DECISION (Case Study: Creative Industry in Bandung)(the Universiti Teknologi MARA Johor, 2011) Ridwansyah, Iwan; Hendri, MerizaAccording to the site-stat.com www.internetworld, citing data from the organizers of the Association of Indonesian Internet service (APJII) in 2008 recorded more than 25 million Internet users in Indonesia of the Indonesian population of 237 million people. Whereas in 2000, Internet users in Indonesia is still about 2 million people. And with the development of Bandung as one of the important cities in the development of creative industries in Indonesia, making the competition among actors become highly competitive creative industries. Advertising is one form of promotion is often done by companies to win the competition in introducing their products to consumers and persuade them to make a purchase. The development of information and communication technology now enables companies to take advantage of advertising media that the global nature of the internet. The purpose of this study is to investigate the implementation of advertising programs via the Internet, the influence of advertising programs via the Internet to purchase decisions target audience, and which element of the ad the most dominant variable influencing the purchase decision of the target audience. The nature of this research is descriptive and verification method explanatory survey. Research questionnaire distributed to 90 respondents, with statistical testing method used was path analysis.
- ItemMEMELIHARA DAN MENINGKATKAN BRAND LOYALTY(FOKUS : Jurnal Akuntansi dan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama Volume 4 No.3, 2003-02) Ridwansyah, Iwan-
- ItemPENERAPAN E-LEARNING PADA PENDIDIKAN BERBASIS TECHNOPRENEUR DAN CREATIVEPRENEUR GUNA MENINGKATKAN DAYA SAING, INOVASI, DAN KOMPETENSI LULUSAN PERGURUAN TINGGI STUDI KASUS PADA FAKULTAS DKV UNIVERSITAS WIDYATAMA(2nd National Post Graduate Conference on Business & Management, Program Doktor Ilmu Ekonomi Kekhususan Managemen Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran, 2010-04-23) Maulana, Arief; Ridwansyah, IwanGlobalisasi sebagai era perkembangan teknologi dan informasi membuat perguruan tinggi tidak luput dari keharusan untuk beradaptasi dalam hal pelayanan dan proses pengajaran terhadap mahasiswa. E-learning saat ini telah menjadi agenda wajib bagi setiap perguruan tinggi dengan dikeluarkannya Undang-Undang No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yaitu mengenai pembelajaran jarak jauh. Tujuan dicanangkannya program e-learning berbasis technopreneur dan creativepreneur ialah untuk menyiapkan mutu lulusan perguruan tinggi yang memiliki daya saing, inovasi, dan kompetensi yang baik dan bisa digunakan sebagai bekal hidup bermasyarakat dengan cara entrepreneur. Lahir dan berkembangnya E-learning dalam dunia pendidikan, terutama berkaitan dengan creativepreneur dan technopreneur, diharapkan mampu meningkatkan efektifitas dan efisiensi sekaligus mengatasi tiga masalah besar pendidikan khususnya di Indonesia sebagaimana ditulis dalam Rencana Strategi (Renstra) Pendidikan Nasional, yaitu (1) pemerataan dan akses pendidikan, (2) mutu, relevansi dan daya saing lulusan, dan (3) tata kelola atau governance, akuntabilitas dan citra publik terhadap pendidikan.Fakultas Desain Komunikasi Visual sebagai fakultas yang memiliki basis ilmu sains terapan memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan dan diarahkan kepada pendidikan yang bersifat creativepreneur dan technopreneur. Mahasiswa FDKV menghasilkan sebuah karya kreatif dengan menggunakan peralatan berteknologi tinggi seperti komputer dengan spesifikasi yang tinggi, peralatan fotografi, peralatan kamera video, peralatan editing, dan lain sebagainya. Mahasiswa FDKV pada umumnya telah memulai kegiatan usaha sejak masih berstatus mahasiswa dengan mengandalkan potensi kreativitas dalam dirinya dan dengan bantuan arahan dari para instruktur dan dosen sebagai coach terhadap usaha yang dijalaninya. Usaha yang berbasiskan unsur kreatifitas tidak memiliki keterbatasan, di samping itu unsur kreatifitas tidak mengenal umur dan status seseorang untuk melakukannya selama pelaku tersebut terus berusaha menciptakan suatu karya kreatif yang bersifat inovasi, berupaya mengembangkan kompetensi diri, dan memiliki keinginan untuk bisa bersaing dengan pihak lain yang bersangkutan.
- ItemPENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN TINGGI TERHADAP LOYALITAS MAHASISWA UNIVERSITAS WIDYATAMA(2nd National Post Graduate Conference on Business & Management, Program Doktor Ilmu Ekonomi Kekhususan Managemen Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran, 2010-04-23) Ridwansyah, Iwan; Maulana, AriefTujuan penelitian adalah untuk mengetahui bauran pemasaran jasa pendidikan tinggi, loyalitas mahasiswa dan pengaruh bauran pemasaran jasa pendidikan tinggi terhadap loyalitas mahasiswa Fakultas Bisnis & Manajemen Universitas Widyatama. Penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif dan verifikatif dengan metode penelitian survai deskriptif dan eksplanatori.Metode sampling adalah non probability sampling dengan teknik judgment untuk menarik sampel. Ukuran sampel 160 mahasiswa Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan, observasi dan kuesioner. Sedangkan teknik analisa datanya analisa jalur. Hasil penelitian ini adalah akreditasi mempermudah mendapatkan pekerjaan, bangga menjadi mahasiswa Universitas Widyatama, kurikulum mampu meningkatkan kemampuan manajerial dan bisnis, materi kuliah berguna untuk kebutuhan lapangan kerja, dan program Kuliah Kerja Lapangan bermanfaat..Tetapi, program studi yang ditawarkan masih kurang beragam dan waktu kuliah cukup cepat. Dosen mampu mengajar dan membangkitkan motivasi belajar serta konsisten dalam ketepatan waktu mengajar. Hanya saja, tenaga administrasi masih kurang ramah. Ruangan belajar yang bersih dan peralatan praktikum sudah lengkap. Tetapi kualitas bangunan gedung dan ketersediaan kantin masih biasa saja serta buku-buku diperpustakaan masih kurang lengkap. Perkuliahan yang diikuti menarik, pelaksanaan registrasi yang tepat waktu. Tetapi, prosedur daftar ulang kurang sederhana dan kurang mudah melalkukan komplain atas layanan yang diterima. Biaya kuliah terjangkau dan metode pembayaran kuliah yang beragam. Tetapi jangka waktu pembayaran kuliah kurang fleksibel serta biaya perkuliahan kurang sesuai dengan fasilitas yang diterima. Tempat dan lokasi mudah dicapai dan adanya ketersediaan transportasi umum untuk mencapai kampus. Informasi mengenai registrasi perkuliahan banyak tersedia, jadwal kuliah jelas serta banyak tersedia beasiswa. Akan tetapi, kurang banyak tersedia informasi lowongan kerja. Loyalitas mahasiswa terhadap Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama terdiri dari mereka selalu melakukan registrasi ulang menjelang awal perkuliahan dan akan merekomendasikan kepada orang lain untuk kuliah di Universitas Widyatama. Selain itu, tidak akan mengambil kesempatan cuti akademik dan tidak akan pindah ke perguruan tinggi lainnya. Pengaruh bauran pemasaran jasa pendidikan tinggi berpengaruh terhadap loyalitas mahasiswa universitas widyatama sebesar 51,7 % dan sisanya oleh variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
- ItemPENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP BRAND LOYALITY PENGGUNA PRODUK MERK “BRITAMA” STUDI KASUS PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA(Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi Vol 8 No. 3, Universitas Widyatama, 2007-02) Patiro, Shine Pintor; Ridwansyah, Iwan-
- ItemPENGARUH IKLAN TERHADAP BRAND AWARENESS A MILD STUDI KASUS PADA MAHASISWA FE-UTAMA ANGKATAN 2001(FOKUS : Jurnal Akuntansi dan Manajemen Fakultas Ekonomi, Volume 3 No.4, 2002-05) Ridwansyah, Iwan-
- ItemPENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN TINGGI TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA UNTUK KULIAH DI UNIVERSITAS WIDYATAMA BANDUNG(Universitas Widyatama, 2012-03-27) Ridwansyah, IwanIwan Ridwansyah, pengaruh komunikasi pemasaran jasa pendidikan tinggi terhadap proses keputusan mahasiswa untuk kuliah di universitas widyatama. Fenomena saat ini Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia tumbuh subur. Pertumbuhan jumlah PTS yang signifikan itu menimbulkan persaingan yang tinggi diantara pelakunya. Menurut data ini diperoleh dari Pengurus Pusat Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) seperti yang dilansir dalam www.pikiran-rakyat.com saat ini jumlah Perguruan Tinggi di Indonesia sekitar 2.838 institusi. Angka itu lalu dibagi untuk 82 perguruan tinggi negeri (PTN), dan 2.756 PTS dengan 10.656 prodi. Dari 2.838 institusi, sekitar 20% berbentuk universitas, 50% berbentuk sekolah tinggi, dan 30% sisanya dalam bentuk akademi. Dalam waktu kurang 10 tahun, jumlah PTS meningkat sebesar 77,33% dibandingkan pada tahun 1999. Sekarang saja tercatat 2.756 PTS dengan jumlah mahasiswa sekitar 2,7 juta orang. Sedangkan pada tahun 1999 baru ada 1.557 PTS. Salah satu pilihan perguruan tinggi di Kota Bandung adalah Universitas Widyatama. Identifikasi masalah yang diangkat dalam penelitian adalah berupa pertanyaan pengaruh komunikasi pemasaran terhadap keputusan mahasiswa untuk kuliah di Universitas Widyatama. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kinerja kinerja komunikasi Pemasaran yang dilaksanakan oleh manajemen Universitas Widyatama, mengetahui keputusan mahasiswa untuk kuliah di Universitas Widyatama dan mengetahui pengaruh komunikasi pemasaran terhadap keputusan mahasiswa untuk kuliah di Universitas Widyatama. Penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif dan verifikatif dengan metode penelitian survai deskriptif dan eksplanatori.Metode sampling adalah probability sampling. Ukuran sampel 90 mahasiswa Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan, observasi dan kuesioner. Sedangkan teknik analisa datanya analisa jalur. Berdasarkan hasil analisis, program komunikasi pemasaran Universitas Widyatama melalui produk, harga, tempat, proses, phycycal evidence, people dan promosi. Komunikasi pemasaran mempengaruhi keputusan kuliah di Universitas Widyatama sebesar 60,6%. Secara terpisah, promosi mempengaruhi keputusan kuliah mahasiswa sebesar 63,4% dan non promosi sebesar 30,2%.
- ItemPENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA UNIT PROGRAM KEMITRAAN DAN PROGRAM BINA LINGKUNGAN (PKBL) PT ASKES (PERSERO) TERHADAP LOYALITAS MITRA BINAAN(Universitas Widyatama, 2012-03-27) Puspita, Dara; Ridwansyah, IwanKrisis ekomoni yang berkepanjangan membuat banyak sekali Usaha Kecil Menengah gulung tikar, agar bisnis mereka tetap berjalan para UKM mengambil alternatif dengan mengajukan kredit. PT Askes (Persero) salah satu Badan Usaha Milik Negara yang tidak hanya bergerak dibidang pelayanan kesehatan namun juga bergerak dibidang pemberian bantuan pinjaman dana atau kredit yang dilaksanakan oleh Unit Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan (PKBL). Keyword: PKBL, Kualitas Pelayanan Jasa, PT Askes (Persero)
- ItemPengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Widyatama Bandung(Universitas Widyatama, 2006) Ariyanti, Maya; Haruman, Tendi; Ridwansyah, Iwan; Setiawan, Stevanus A CIn the higher education the competitive being increasing. To be surviving the school has to be fulfilling the need from the stakeholder. One of the stakeholders for higher education school is the student. So the satisfaction of the student is one of the criteria for higher education. From the survey, the affect of service quality to satisfaction student Widyatama University is 18%. The biggest affect is from reliability, then responsiveness, empathy, tangible and the last is assurance.
- ItemPENGARUH PENDIDIKAN DAN PENILAIAN PRESTASI KERJA TERHADAP PENGEMBANGAN KARIER PADA PT. KERETA API DI INDONESIA(JURNAL BISNIS, MANAJEMEN & EKONOMI, Vol.5 No.4, Universitas Widyatama Bandung, 2004-05) Ridwansyah, Iwan-