Browsing by Author "Lestari, Sri"
Now showing 1 - 20 of 21
Results Per Page
Sort Options
- ItemANALISIS PENERIMAAN SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL(Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan dan Industri (RAPI) XII 2013, Fakultas Teknik Universitas Muhamaddiyah Surakarta, 2013-12-05) Iriani, Yani; Mariana, Adjeng; Lestari, Sri; MurnawanInformasi pemasaran merupakan titik tolak dasar untuk menyusun strategi. Keterbatasan informasi tersebut dapat mempengaruhi kualitas strategi pemasaran, baik strategi pasar produk, strategi bauran pemasaran (strategi-strategi produk, harga, distribusi, dan promosi), maupun strategi keunggulan bersaing, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi daya saing industri. Hambatan suatu industri dalam meraih daya saing dapat mengancam kontinuitas usaha. Implikasi dampak selanjutnya akan mengancam industri kecil dalam kemampuannya untuk mengemban misi menciptakan nilai tambah dan kesempatan kerja di dalam negeri serta menjadi salah satu basic dalam pengentasan kemiskinan. Salah satu strategi pemasaran yang dapat digunakan oleh perusahaan adalah pemasaran berbasis website. Namun kenyataan di lapangan, banyak implementasi dari system pemasaran ini gagal disebabkan bukan karena faktor teknis namun lebih pada faktor sumberdaya manusia. Penelitian ini akan mengkaji perilaku pengguna sistem informasi di sebuah institusi lembaga pendidikan dan pelatihan di kota Bandung berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhinya dengan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Perceived Ease of Use (PEOU) terhadap Perceived Usefulness (PU), 2) Mengetahui pengaruh Perceived Ease of Use (PEOU) dan Perceived Usefulness (PU) terhadap Attitude Toward Using (ATU), 3) Mengetahui pengaruh Perceived Usefulness (PU) dan Attitude Toward Using (ATU) terhadap Behavioral Intention to Use (ITU), dan 4) Mengetahui pengaruh Behavioral Intention to Use (ITU) terhadap Actual System Usage (ASU). Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa terdapat pengaruh variabel Perceived Ease of Use (PEOU) terhadap Perceived Usefulness (PU) sebesar 53.8 %, sedangkan pengaruh Perceived Ease of Use (PEOU) dan Perceived Usefulness (PU) terhadap Attitude Toward Using (ATU) sebesar (r2) 50.1 %. Diketahui pula bahwa pengaruh Perceived Usefulness (PU) dan Attitude Toward Using (ATU) terhadap Behavioral Intention to Use (ITU) sebesar (r2)= 82.5 %. Danterdapat pengaruh Behavioral Intention to Use (ITU) terhadap Actual System Usage (ASU) sebesar 64.5 %.
- ItemAPLIKASI PENILAIAN SOFTSKILL MAHASISWA (Studi Kasus : Universitas Widyatama Bandung)(Digital Information & Systems Conference 2013, Computer Engineering Dept. Faculty of Engineering UK Maranatha, 2013-09-28) Lestari, Sri; Apriani, TriSaat ini perguruan tinggi sedang dihadapkan pada tantangan untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya mempunyai kemampuan hard skill tetapi juga kemampuan soft skill. Terdapat suatu realita bahwa pendidikan di Indonesia masih memberikan porsi yang lebih besar pada muatan hard skill daripada berorientasi pada pembelajaran soft skill. Namun kenyataan di lapangan berkata lain, para pengguna tenaga kerja menginginkan lulusan perguruan tinggi (PT) yang tangguh yang mampu bekerja secara tim dan mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan baik. Universitas Widyatama mencoba memasukkan komponen softskill ke dalam metode pembelajaran SBTLM (Softskill Based Teaching Learning Methodology). Berkaitan dengan hal di atas, diperlukan suatu media yang sesuai untuk mengukur sejauh mana nilai soft skill mahasiswa mengalami peningkatan dalam kurun waktu tertentu agar dapat diantisipasi dengan berbagai cara agar peningkatan soft skill mahasiswa lebih signifikan. Aplikasi dibuat menggunakan pendekatan berorientasi objek, menggunakan metodologi Waterfall, Visual Basic sebagai bahasa pemrograman dan Microsoft Access sebagai pengolahan databasenya. Aplikasi dirancang untuk 3 pengguna, yaitu penilai (dosen), mahasiswa dan admin.. Bagi admin, aplikasi ini dapat memudahkannya melakukan pemeliharaan informasi. Bagi penilai (dosen) aplikasi ini dapat memudahkan dalam mengolah dan mengukur sejauh mana nilai soft skill mahasiswa apakah mengalami peningkatan dalam kurun waktu tertentu sehingga dapat diantisipasi cara peningkatannya , semntara bagi mahasiswa aplikasi ini dapat memberikan informasi tentang kemampuan softskill yang dimilikinya
- ItemAPLIKASI SEARCH ENGINE MENGGUNAKAN ALGORITMA KNUTH-MORRIS-PRATT (KMP)(Seminar Nasional Manajemen Teknologi XIII, Magister Manajemen Teknologi Program Pascasarjana Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2011-02-05) Lestari, Sri; Djaya, AminApabila kita ingin mencari sebuah berkas di komputer secara manual, maka dibutuhkan waktu yang relatif lama untuk menemukannya, bahkan mungkin kita tidak dapat menemukan berkas yang diinginkan, padahal berkas itu ada. Algoritma pencarian string merupakan salah satu bagian terpenting dalam berbagai proses yang berkaitan dengan data tipe teks. Berbagai perangkat lunak pencarian berkas yang digunakan di seluruh dunia saat ini dengan sejumlah sistem operasi berbeda, menggunakan algoritma pencarian string sebagai dasar implementasinya. Masalah utama dalam pencarian berkas di komputer adalah semakin banyak data yang terdapat di komputer, maka semakin bertambah pula waktu yang dibutuhkan untuk menemukan berkas yang diinginkan. Aplikasi search engine yang dibuat dengan menggunakan algoritma Knuth Morris-Pratt dapat memangkas waktu pencarian nama file atau folder di komputer serta dapat menyajikan berkas secara tepat dan akurat, bahkan yang disuper hidden sekalipun. Dari 56 pengujian dengan membandingkan aplikasi ini dengan search engine yang ada di operating sistem windows menunjukkan aplikasi yang dibuat dapat memangkas waktu menjadi seminimal mungkin (rata-rata 5,8 detik) sementara rata-rata pencarian menggunakan search engine yang ada di operating windows rata-rata 15,9 detik, serta aplikasi yang dibuat dapat mencari file yang dihidden, sementara searh engine pada operting windows tidak dapat menemukan file tersebut. Aplikasi dibuat dengan menggunakan metode prototyping dan menggunakan bahasa C
- ItemDEVELOPMENT OF WEB-BASED HYBRID LEARNING INFORMATION SYSTEMS ESA UNGGUL UNIVERSITY (CASE STUDY: SUPERIOR ESA UNIVERSITY)(International Journal of Psychosocial Rehabilitation, Vol.24, Issue 01, 2020) Anwar, Nizirwan; Jamiandani, Syarah Rahmahati; Adikara, Fransiskus; Lestari, SriBlended Learning or also called Hybrid Learning is conceptualized as a combination of several learning models which includes face-to-face learning integrated with learning activities that use computer-based learning media, where the integration of learning concepts aims to optimize learning activities better, learning system users has become a necessity in the world of education, especially in universities. Esa Unggul University is a campus that already uses online learning. The problem felt by students is not being able to feel the real situation such as communication, interaction. The solution is to make Hybrid Learning more interactive and more tangible because it can communicate, discuss with classmates and lecturers directly. In direct learning like this, students download or look at it first when they want to see a video or learning module, working on material that sometimes students do not really understand the material taught, as well as quizzes. learning by using the PIECES method for analysis, the development of a prototyping system that is supported using web-based technology by providing various learning information options such as videos and writing that provide information about achievement and learning. This research resulted in the development of learning media with the use of web-based technology that helps improve learning that is attractive and attractive with a link connected to the YouTube site that explains learning in accordance with the courses taken and choices in learning such as attendance, quizzes, materials and forms. chat, as well as information in the form of learning or education to help lecturers monitor online lectures and help students not be involved in classroom learning.
- ItemE-GOV MASTER PLAN (Case Study: XYZ City)(International Journal of Psychosocial Rehabilitation, Vol.24, Issue 02, 2020) Lestari, Sri; Rijayana, Iwan; Virgana, R.A.E.; Murnawan; Nugraha, Ucu; Samihardjo, Rosalin; Mardiana, SitiInformation and Communication Technology is one of the technology develops very rapidly. The rapid development of ICTs will open opportunities and challenges for creating, access, process, and utilize the information appropriately and accurately. Information is a very valuable commodity in this era of globalization to be mastered in order to improve the competitiveness of an organization an ongoing basis. To answer these challenges, the Government of the Republic of Indonesia has initiated a policy for the use of ICT to build the Electronic Government for Good Governance is integrated from the local level up to the center. The aim is that the ICT infrastructure to be built can be used together to coordinate by all agencies, both at central and regional levels. The main indicators of their e-Gov are the services to the public and interaction between government agencies, as well as the interaction between government agencies and non-governmental, complete through online channels. That is, it can be said there are e-Gov if people still have to leave the house to take care of licensing, taxes, public school enrollment, certification of property, etc. Implementation of e-Gov development may not be comprehensive from the outset but will continue to grow steadily over time, in tune with the readiness of each layer of bureaucracy that would be expropriated e-Gov and socialization to people. But the reference and direction must be right in order to reach the goal, that no manual service to the public, both individuals and institutions, and there is no manual interaction among institutions, and there should be no redundancy process and data. Development e-Gov in XYZ City, still require the appropriate references to Reach Goal and Objectives with due regard to the development needs at every layer of bureaucracy, so we need a Master Plan E-Gov XYZ City that can accommodate the needs of the implementation of government services to the public and interaction with other agencies or other agencies online, according to the dynamics of development in XYZ.
- ItemENTERPRISE ARCHITECTURE DIMENSION E-GOVERNMENT RANKING INDONESIA(International Journal of Psychosocial Rehabilitation, Vol.24, Issue 02, 2020) Lestari, Sri; Mardiana, Siti; Rijayana, Iwan; Murnawan; Virgana, R.A.E.; Samihardjo, Rosalin; Nugraha, UcuRepublic of Indonesia under Presidential Instruction No. 3 of 2003 on National Policy and Strategy Development of e-Government, any government agency should have a Strategic Plan for Development of e-Government. XYZ City government plan that the master plan development of information and communication technology is the basis for the development of applications and information technology infrastructure in the city government XYZ. This study uses the dimensions of e-Government ranking of Indonesia (EGRI) that the guidelines created by the Ministry of Communication and Information of the Republic of Indonesia, has defined five dimensions of the ICT master plan that will be reviewed, namely Policies, Institutions, Infrastructure, Application, and Planning.
- ItemENTERPRISE ARCHITECTURE MODEL FOR AN EMPLOYEE COOPERATIVE REPUBLIC OF INDONESIA(Journal of Advanced Research in Dynamical & Control Systems, Vol. 11, 03-Special Issue, 2019) Lestari, Sri; Sintiani, Desi; Bahri, SamsulKPRI (Employee Cooperative Republic of Indonesia) is a legal cooperative established within the Republic of Indonesia civil servants in various cities in Indonesia. Now, its members were not only active civil servants, but retired civil servants, honorary employees and even volunteers could join as members of cooperatives in the city. This research is limited to KPRI with the types of savings and loan cooperatives and business sectors in the field of financial services and insurance in the cities of Bandung, Garut, Indramayu, and Banten. At present, KPRI activities continue to grow along with the increase in the number of members and the value of money managed. When conducting research at the locations of the KPRI offices, it was found that there was no structured management of cooperative administrative data and the adoption of a special technology that made the cooperative managers troubled in carrying out their business processes. Enterprise Architecture design is made using the TOGAF ADM (Architecture Development Method) framework. Architecture development was carried out starting from Preliminary Phase to Phase F: Migration Planning. The results provide an enterprise architecture model for Republic of Indonesia Employee Cooperatives with the types of savings and loans and business sectors in the field of financial services and insurance.
- ItemLIBRARY USERS SATISFACTION ANALYSIS USING SERVQUAL AND ANALYTIC NETWORK PROCESS(International Journal of Psychosocial Rehabilitation, Vol. 24, Issue 1, 2020) Hakim, Afif; Pratiwi, Annisa Indah; Lestari, SriThis research was conducted at Library of University of Buana Perjuangan Karawang. The purpose of this study isto measure and analyze the level of satisfaction of library users with Servqual approach and prioritize the improvements that can be done by weighting of the criteria with ANP methode. The method used is the fivedimensional approach Servqual and weighting criteria with ANP. The conclusion shows that the average score for the criteria of reality is quite good (fairly satisfied) with the existing services at the Library of UBP Karawang, with an average score above 3, except for the criterion R4 (speed of turnitin service) average scores below 3 is 2.97, but because of the average expectation as well is not very high at 3.41 so that its gap is smaller than the gap between the expectations with the reality on the criteria E1 (the friendliness of the staff of the library) and E2 (the library staff willing to respond to complaints that exists). Except that, it was found that the three criteria of ranking the priority that should be the corrective action is E1 (the friendliness of the staff of the library), E2 (the library staff is willing to respond to complaints that exists), and T7 (a clear order information) with each of the priority value of 0.31; 0.31; and 0.27.
- ItemMODEL AUDIT SISTEM INFORMASI AKADEMIK PROSES PENYAMPAIAN DAN DUKUNGAN PELAYANAN INFORMASI (Studi Kasus : Universitas Widyatama)(e-Indonesia Initiatives (eII) Forum IV 2008, 2008-05-21) Maniah; Lestari, SriPenelitian ini lebih difokuskan untuk melihat proses Tl yang teljadi di dalam sehuah sistem informasi akademik. Proses di dalam sistem informasi akademik tersebut kemudian dipetakan kedalam proses Tl yang secQI'a eksplisit dinyatakan dalam COB IT (Control Objectives for Information and relaled Technology). COB IT Versi 4.0 merupakan salah salu standar audit SI yang memadukan pandangan bisnis dan TJ dalam kerangka keljanya. Sebagai model untuk organisasi siSlem informasi, maka COBIT memuat kendali yang sifatnya generik. Kerangka kerja COBIT secara keseluruhan memiliki empat domain yaitu Planning & Organizalion (PO), Acquisilion & Imp! tmentai;"Jn (AI), Delivery & Support (DS) dan Moniloring (M). Dari 4 domain lersebul lerdapat 34 proses. Domain Delil ery & Support (DS) digunakan unluk menilai proses penyampaian dan dukungan pelayanan informasi di bagian Akademik. Penifaian tersebul dilakukan melalui kendali dan indikalor kinerja yang merupakan hasil ekstraksi dari metodologi Service-level Management (ITSM) dan COBIT Dengan Implemenlasi COBIT dibagian akademik Universitas Widyalama akon memllngkinkan lInluk (I) Per.yelarasan yang lebih baik lerhadap fokus bisnis d: inslilusilperusahaan, (2) Memahami teknologi informasi secara lebin baik bagi pihak manajemen, (3) Tanggung jawab dan kepemilikan yangjelas, (4) Pemahaman secara umum lerhadap peran pihak keliga dan regulalor, (5) Pemahaman untuk para stakeholder dengan menggunakan isti!ah dan bahasa yang lImum. Sistem Informasi Akademik Universitas Widyatama sebagai contoh di dalam pemeriksaan lingkat kematangan sebuah sislem akademik, saal ini sudah berada pada lingkat 3 dari tingkat kematangan (Terdejinisi) , yang berarli bahwa secQl'a gar is besar proses sislem informasi akademik sudah ada, sudah dikomunibsi.'wn, sebagian hasif proses sudah didokumenlasikan. NamulI7 implementasinya l77asih diserahkan pada sebagian indil'idu dan dokllmenlosi baru untuk hasif proses belum ada dokumenlasi sis!em secQl'a keseluruhal7. Dari hasil penelifian Audit Sistem Inforl11osi di bagian Akademik Universilas WiJyatama, ada beberapa rekomendasi yang diajukon unluk selanju/ITya dijadikan sebagai pertimbangan pihak manojemen Universitas dalam pengambifan keputusan lerulama lerhadap lIpaya peningkalCIn kinerja Tl.
- ItemMODEL AUDIT SISTEM INFORMASI AKADEMIK PROSES PENYAMPAIAN DAN DUKUNGAN PELAYANAN (Studi Kasus : Universitas Widyatama)(Universitas Widyatama, 2008-05-21) Maniah; Lestari, Sri-
- ItemPENERAPAN SISTEM PENCATATAN DAN METODE PENILAIAN PERSEDIAAN (Pada UKM Deden Batik dan Nanda Batik Tasikmalaya)(Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas, Pusat Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Pengembangan Kewirausahaan (P3M) STIE Ekuitas, Vol.2, No.1, 2017-09) Novatiani, R. Ait; Febrianti, R. Adjeng Mariana; Lestari, SriTujuan dari kegiatan program ipteks bagi mm.yarakat (lbM) ini adalah untuk mengembangkan dua mitra, yaitu Deden Batik dan Nanda Batik kearah UKM yang /ebih mandiri secara ekonomi dan memiliki keunggulan bersaing di kancah MEA. Dalam mewujudkan ke arah yang lebih mandiri secara ekonomi dan memiliki keunggulan bersaing, maka tim memberikan materi dan pelatihan dalam pengelolaan persediaan, yaitu dengan memberikan materi dan pelatihan mengenai sistem pencatatan dan metode penilaian persediaan. Hasil dari pengabdian pada masyaraka yang telah dilaksanakan pada kedua mitra (Deden Batik dan Nanda Batik) di Tasikmalaya, maka kedua mitra (Deden batik dan Nanda batik) mampu membuat sitem pencatatan persediaan dan metode penilaian persediaan dengan menggunakan Microsoft Excel sehingga kedua mitra dapat dapat mengetahui persediaan yang ada di gudang baik persediaan yang dibeli (persediaan yang masuk ke gudang), persediaan yang dijual (persediaan yang keluar dari gudang) dan saldo (sisa) persediaan yamg ada di gudang, yang akan memudahkan dalam peengelolaan persediaannya dan membantu kedua mitra dalam proses produksi, pesanan barang dan penjualan barang. Berdasarkan hasil pengabdian pada masyarakat, maka dapat disimpulkan bahwa kedua mitra UKM (Deden Batik dan Nanda Batik) mampu membuat sistem pencatatan persediaan dan metode penilaian persediaan dengan menggunakan Microsoft Excel.
- ItemPENGARUH EARNING PER SHARE DAN DIVIDEND PER SHARE TERHADAP HARGA SAHAM ( Survey Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2013 )(Universitas Widyatama, 2015) Lestari, SriPenelitian ini bertujuan membuktikan secara empiris bahwa (1) Earning Per Share (EPS) dan Dividend Per Share (DPS) berpengaruh secara parsial terhadap harga saham pada perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009 - 2013, dan (2) Earning Per Share (EPS) dan Dividend Per Share (DPS) berpengaruh secara simultan terhadap harga saham pada perusahaan pertambangan yang terdafar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian Explanatory dengan populasi penelitian seluruh perusahaan Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2009-2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purpossive sampling. Sampel yang diperoleh adalah sebesar 6 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa secara parsial, Earning Per Share (EPS) berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2013 dengan kontribusi pengaruh parsial yang diberikan sebesar 72,4%. Sedangkan Dividend Per Share (DPS) tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2013. Secara simultan EPS dan DPS berpengaruh signifikan terhadap harga saham pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2013 dengan kontribusi pengaruh yang diberikan sebesar 84,5%, sedangkan sebanyak 15,5% sisanya merupakan besar kontribusi pengaruh yang diberikan oleh faktor lain yang tidak diteliti.
- ItemPENGARUH STATUS AKREDITASI TERHADAP MINAT STUDI MAHASISWA DI UNIVERSITAS WIDYATAMA(Universitas Widyatama, 2007-09-18) Iriani, Yani; Oktarina, Rienna; Lestari, SriTerdapat dua hal utama yang menjadi perhatian utama pengembangan PTN-PTS di Jawa Barat berkenaan dengan mempertahankan eksistensi dirinya, pertama memperbanyak jumlah mahasiswa dan kedua melengkapi fasilitas belajar. Selling point PTS bagi kedua kegiatan ini biasanya status akreditasi dan kelengkapan fasilitas. Universitas Widyatama sebagai salah satu PTS di Bandung di mana sebagian besar program studinya telah mencapai status akreditasi. Namun lima tahun terakhir ini beberapa program studi, mengalami penurunan pendaftar dengan jumlah yang cukup signifikan Tujuan penelitian ini adalah menelusuri faktor-faktor penting dalam pengambilan keputusan mahasiswa dalam memasuki program studi di Universitas Widyatama berdasarkan kriteria akreditasi dan untuk mengetahui pengaruh dari status akreditasi terhadap minat studi mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat verifikasi dan deskriptif. Pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metoda analisis faktor dan analisis korelasi yakni untuk melihat hubungan antara dimensi akreditasi dan minat studi mahasiswa dengan bantuan program SPSS for windows release ver 12.0. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan menggunakan analisis faktor didapat 9 faktor yang dapat mempengaruhi minat studi mahasiswa. Faktor-faktor tersebut adalah kelengkapan sarana dan prasarana, proses pendidikan dan pengajaran, administrasi akademik, kompentensi kurikulum, kualifikasi tenaga pengajar, pembinaan dan pengembangan kemahasiswaan, biaya pendidikan ,kepemimpinan, anatomi mahasiswa. Sedangkan motivasi mahasiswa masuk program studi di Universitas Widyatama dikarenakan mudah mendapatkan pekerjaan(memiliki faktor laoading 0, 746). Dan hasil pengolahan data dengan menggunakan analisis korelasi minat studi mahasiswa di delapan program studi di Universitas Widyatama tidak dipengaruhi oleh status akreditasi, sedangkan dua program studi yang lainnya yaitu Teknik Informatika dan Tektik Industri minat studi mahasiswa dipengaruhi oleh status akreditasi. Hal ini menunjukkan bahwa status akreditasi bukan satu-satu indikator untuk menjaring jumlah mahasiswa ada indikator lain selain status akreditasi yang tidak dilakukan dalam penelitian ini. Dari hasil temuan penelitian, maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa faktor yang paling penting mempengaruhi minat studi mahasiswa adalah faktor kelengkapan sarana dan prasarana (infrastruktur). Faktor ini mempunyai nilai persentase variansi sebesar 32.386 %, hal ini menunjukkan bahwa faktor kelengkapan sarana dan sarana memiliki urutan ke satu dari kriteria akreditasi yang dapat mempengaruhi minat studi mahasiswa di Universitas Widyatama dan anatomi mahasiswa memiliki urutan yang paling rendah dengan nilai persentase variansi sebesar 2.459 %, artinya bahwa faktor tersebut mempunyai urutan terakhir dari kriteria akreditasi yang mempengaruhi terhadap minat studi mahasiswa.
- ItemPENGEMBANGAN APLIKASI HYPERMEDIA MENGGUNAKAN PENDEKATAN RELATIONSHIP MANAGEMENT METHODOLOGY (RMM)(Jurnal Informatika, Fakultas Teknik Informasi, Universitas Kristen Maranatha, 2013-12) Lestari, Sri; FalahahGenerally, aplication developers do not use a specific approach in designing the hypermedia application. Most methods focus on requirement identification and application development phases, whereas for more application design based on the practical experience of its developers. Relationship management methodology is one approach that can be used in designing applications based on the concept of data relationships in the application domain as well as how to present that data into information that is structured, easy andconvenience by users.The RMM adoptsthe concept of entity relationships in application domains, consists of three main stages which are entity relationships design, slices or group information design, and navigation design.The output of these three stages has important role on designinginformation presentation (layout) and user navigation traverse the application. The RMM cycle has similar stage as the other sofmare development life cycle paradigm but it has more detail in the design processes. RMM and approach on modeling information through RMDM (Relationship Management Data Model) are I expected to assist developers on preparing the design of hypermedia applications more structured and easy to navigate. In this paper, we use RMM approaches as a tool for designing the website for Information System Department, Widyatama University. By implementing this approach we can identifi the major information that should be available in the website.
- ItemPERAN INDONESIA DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS, INOVASI PRODUK, DIFERENSIASI PRODUK YANG UNGGUL MENGANTISIPASI KEHADIRAN MEA MELALUI PENETAPAN HARGA YANG EFEKTIF (Penelitian terhadap Usaha Mikro Kecil Batik Deden dan Batik Nanda Cigeureung Tasikmalaya)(Seminar Nasional Akuntansi dan Bisnis (SNAB), Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama, 2017-07-20) Febrianti, R.Adjeng Mariana; Novatiani, R. Ait; Lestari, SriUsaha perbatikan sebagai penopang perekonomian daerah, memiliki peran sangat penting dalam menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat. Perkembangan Usaha Mikro Kecil (UMK) di segala sector usaha cenderung tidak stabil. Menurunnya penjualan melalui penentapan harga selembar batik di Tasikmalaya merupakan salah satu penyebabnya disinyalir penciptaan kreativitas yang cenderung kurang inovatif sesuai dengan perkembangan tren pola batik saat ini. Selain deferensiasi produk yang kurang sesuai lagi dengan desain pola gambar yang memiliki perbedaan keunikan dan kekhasan. Hal ini merupakan ancaman yang serius bagi perajin batik dalam menghadapi kedatangan MEA yang hadir di Indonesia. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui, menggali, dan mengungkapkan data dan informasi yang berhubungan dengan pengembangan kreativitas yang inovatif, berdampak kepada penurunan penjualan melalui penetapan harg dari masing-masing variabel. Sampel yang diteliti hanya terfokus kepada dua perajin batik Deden dan batik Nanda dari sekian banyak perajin batik yang ada di Cigeureung Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan bersifat descriptif yang bertujuan untuk memperoleh gambaran atau deskripsi tentang kreativitas, inovasi produk, difernsiasi produk yang unggul dabn penetapan harga yang efektif. Hasil penelitian terungkap bahwa UMK masih kesulitan dalam mengembangkan kreativitasnya, hal ini disebabkan oleh kurangnya perajin batik yang mencoba inovasi produk dalam hal pola gambar atau disain produk dan diferensiasi yang lebih unggul dari pada batik printing yang dijual dengan harga murah. Ketiga variable tersebut berdampak kepada penetapan harga yang efektif sehingga dikhawartirkan kedua mitra tersebut belum siap menghadapi kedatangan MEA di Indonesia khususnya di Jawa Barat lebih cepat dari yang diperkirakan.
- ItemPERANCANGAN APLIKASI ONLINE BERBASIS WEB PADA BATIK RIZKI TASIKMALAYA(Modern Electrical Engineering Technology and Its Application Seminar (MEETAS), Universitas Kristen Maranatha, Bandung, 2016-10-28) Lestari, Sri; Novatiani, R. Ait; Febrianti, R. Adjeng Mariana; EldiPerkembangan ekonomi kreatif yang berada di atas pertumbuhan rata - rata Nasional mendapat perhatian khusus dari pemerintah yang terus berusaha menggenjot kemajuan sektor industri ini. Tasikmalaya merupakan salah satu kota yang berada di wilayah Priangan Timur, menghasilkan produk industri kreatif antara lain batik. UMKM Batik Rizki Tasikmalaya merupakan salah satu penghasil batik yang cukup besar di kota Tasikmalaya, namun produknya be/um dikenal luas, hanya sebatas kota Tasikmalaya dan sekitarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan mitra batik yaitu batik Rizki kearah UMKM yang memiliki keunggu/an bersaing diantara para pesaingnya. Target yang ingin dicapai.dalam penelitian ini adalah membuat aplikasi pemasaran online untuk mempermudak pemilik UMKM di da/am mempromosikan produk batiknya serta mengatur dan mengupdate konten serta informasi berkaitan dengan produk, dan bagi pengunjung web memudahkan untuk melihat dan memesan produk ketika berminat membeli suatu produk .. Aplikasi m1 dibuat menggunakan pendekatan berorientasi objek, menggunakan metode waterfall, menggunakan bahasa pemrograman PHP, database MySQL serta tools Macromedia Dreamweaver 8 dan Xampp.
- ItemPERANCANGAN PERANGKAT LUNAK SISTEM INFORMASI KEPANGKATAN PEGAWAI PERUMNAS REGIONAL IV BANDUNG(Universitas Widyatama, 2010-12-04) Lestari, Sri; Dapi, RipanTenaga kerja merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan kelancaran dan peningkatan kegiatan usaha pada sebuah perusahaan. Dalam perkembangan teknologi dan informasi, komputer sangat berperan sekali dalam pengelolaan data suatu informasi. Informasi yang dihasilkan dapat terjamin kebenaran, ketepatan dan keakuratannya. Sistem informasi kenaikan pangkat pegawai yang sedang berjalan dibagian kepegawaian Perum PERUMNAS Regional IV Bandung masih dilakukan secara manual, sehingga proses pengolahan data kenaikan pangkat membutuhkan waktu yang lama, oleh karena itu untuk meningkatkan kinerja perusahaan dalam bidang pelayanan kepada karyawannya perlu dibuat perangkat lunak sistem informasi kepangkatan pegawai PERUMNAS regional IV Bandung. Metodologi yang digunakan dalam pembangunan perangkat lunak ini adalah sistem Object Oriented Analysis & Design (OOAD) yang diawali dengan mengidentifikasi kebutuhan atau fungsi-fungsi yang harus tersedia dalam sistem perangkat lunak. Kebutuhan tersebut dimodelkan dalam usecase-usecase menggunakan usecase diagram. Masing-masing usecase dijelaskan dalam Use Case Spesification. Selanjutnya melakukan realisasi kebutuhan (requirement) di dalam object-object. Relasi dan interaksi antar objek harus ditentukan agar diperoleh realisasi fungsi-fungsi yang dibutuhkan dalam sistem yang digambarkan melalui Sequence Diagram dan Class Diagram. Class Diagram ini akan memberikan arah taktis mengimplementasikan objek-objek beserta atributnya serta perilakunya pada class-class yang sesuai dengan bahasa pemrograman yang digunakan. Di akhir proses pengembangan ini terkumpul dokumentasi konsep pengembangan sistem hingga implementasi teknis ke dalam code serta manual untuk menjelaskan tata cara penggunaan dan pengembangan lanjutan. Bahasa yang digunakan dalam pengembangan perangkat lunak ini adalah Visual Basic.
- ItemPERANCANGAN SISTEM APLIKASI MEDIA INFORMASI LOWONGAN PEKERJAAN BERBASIS WEB (STUDI KASUS : UNIVERSITAS WIDYATAMA BANDUNG)(Digital Information & Systems Conference 2012, Computer Engineering Dept. Faculty of Engineering UK Maranatha, 2012-10-06) Lestari, Sri; Destinia, RizkiDengan semakin banyaknya lulusan/alumni Universitas Widyatama dan meningkatnya jalinan hubungan kerjasama dengan perusahaan / penyedia lowongan kerja maka diperlukan sistem yang dapat mempermudah dalam mengelola informasi lowongan kerja. Selama ini belum ada fasilitas yang secara efektif memudahkan antara pihak kampus khususnya Universitas Widyatama dengan penyedia lowongan kerja. Saat ini, informasi lowongan kerja dari penyedia lowongan kerja dilakukan melalui fasilitas email, fax dan surat. Informasi kepada alumni dilakukan melalui papan pengumuman dan facebook, sehingga sering menyebabkan informasi terlambat di sampaikan kepada para alumni. Kondisi ini sangat merugikan baik bagi penyedia lowongan kerja yang sedang mencari sumber daya manusia yang berkualitas, maupun bagi para alumni yang sedang mencari pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang suatu aplikasi media informasi lowongan pekerjaan berbasis web di Universitas Widyatama Bandung sebagai alat bantu yang dapat mempermudah pihak Universitas Widyatama (bagian marketing), penyedia lowongan kerja serta alumni dalam mengelola informasi berkaitan dengan lowongan pekerjaan. Aplikasi dibuat menggunakan pendekatan berorientasi objek, menggunakan metodologi Waterfall, PHP sebagai bahasa pemrograman dan MySQL sebagai pengolah databasenya. Aplikasi dirancang untuk tiga macam pengguna yaitu bagian marketing (admin), penyedia lowongan kerja (user) dan pencari kerja (user) . Bagi admin, aplikasi ini dapat memudahkannya melakukan pemeliharaan informasi. Bagi user, aplikasi ini dapat memudahkan dalam pemberian informasi lowongan kerja dan mengaksesnya.
- ItemPERANCANGAN SISTEM APLIKASI PERPUSTAKAAN ONLINE DI PT PLN (PERSERO) P3B REGION JAWA BARAT(Computer Enginering Dept. Faculty of Engineering UK Maranatha, 2011-10-01) Lestari, SriPenggunaan perangkat komputer dalam pengolahan data dan penyajian informasi pada suatu perusahaan merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan, dalam hal ini pengolahan data buku dan penyajian informasi secara online pada bagian perpustakaan di PT PLN (Persero) P3B Region Jawa Barat. Selama ini proses pengolahan data buku masih dilakukan secara manual, yaitu data disimpan ke dalam buku catatan sehingga bila data diperlukan membutuhkan waktu dan proses yang lama, selain itu keamanan data tidak terjaga karena data sering hilang dan kerangkapan data sering terjadi. Proses pencarian bukupun masih manual sehingga merepotkan pencari buku dan membutuhkan waktu yang lama. Informasi mengenai ada atau tidaknya buku yang akan dipinjam tidak bisa diketahui secara langsung oleh anggota perpustakaan. Dari hal tersebut di atas, perlu adanya suatu sistem aplikasi komputerisasi berbasis Web yang dapat mempermudah Petugas Perpustakaan PT PLN (Persero) P3B Region Jawa Barat dalam melakukan pengolahan data buku dan penyajian informasi yang efektif dan efisien serta dapat membantu anggota perpustakaan untuk memperoleh informasi mengenai perpustakaan. Sistem aplikasi ini dibangun dengan menggunakan metode waterfall dengan tahapan-tahapan : analisis, perancangan, implementasi, pengujian. Perancangan proses dilakukan dengan menggunakan tool Data Flow Diagram (DFD) dan juga digunakan untuk mempresentasikan sistem atau perangkat lunak pada tingkatan abstraksi (penambahan aliran informasi dan fungsionalis yang lebih rinci : level 0, level 1, level 2, dst). DFD kemudian ditransformasikan kedalam modul-modul program untuk keperluan implementasi. Sedangkan perancangan basis data dilakukan dengan metode pemodelan Entity RelationShip Diagram (ER-Diagram). Sistem aplikasi menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman dan MySQL sebagai pengolah database. Aplikasi dirancang untuk dua jenis pengguna yaitu petugas perpustakaan (admin) dan anggota perpustakaan (user) . Bagi admin, aplikasi ini dapat memudahkannya melakukan pemeliharaan data. Bagi user, aplikasi ini dapat memudahkan mengetahui bukubuku dan informasi lainnya yang ada di perpustakaan PLN (Persero) P3B
- ItemPERENCANAAN TEKNOLOGI INFORMASI "WEB SERVICE ACADEMIC" DI PTS(Seminar Nasional, Fakutas Teknik Universitas Widyatama, 2004-10-09) Lestari, SriSaat ini, lingkungan bisnis sedang mengalami perubahan-perubahan yang sangat cepat, dramatis dan kadangkala tidak dapat diduga. Proses bisnis yang dijalankan secara manual, membutuhkan waktu proses yang lebih lama, sumber daya manusia yang banyak, dan tingkat akurasi yang rendah. Menghadapi kondisi tersebut, perusahaan termasuk perguruan-perguruan tinggi harus melakukan tindakan inovatif dan kreatif agar perusahaan tersebut dapat berhasil atau sekedar melangsungkan hidup usahanya. Perguruan tinggi khususnya PTS harus segera meninjau ulang proses bisnisnya agar dihasilkan suatu produk/jasa/layanan yang kompetitif. Salah satu layanan penting di perguruan tinggi swasta adalah sistem informasi akademik. Sudah saatnya perlu memanfaatkan teknologi informasi pada perancangan sistem informasinya. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat perancangan teknologi informasi “web service academic” di perguruan tinggi swasta (PTS) dengan menggunakan metode four stage model.