ANALISIS KINERJA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BALANCE SCORECARD HASIL RESTRUKTURISASI ORGANISASI (Studi kasus pada Bank Bjb Wilayah III)

No Thumbnail Available
Date
2017
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Tesis Program Magister Management Universitas Widyatama Bandung
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan pada kinerja Bank Bjb Wilayah III sebelum dan sesudah reorganiasai. Kinerja perusahaan diukur dengan menggunakan pendekatan pengukuran Balance Scorecard dengan empat perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan mengambil data sekunder berupa laporan keuangan Bank Bjb Wilayah III tahun tahun 2014 s.d 2016. Hasil analisis mengenai perspektif keuangan yang dicapai Bank Bjb Wilayah III menunjukkan bahwa kinerja keuangan yang dicapai sudah sesuai dengan standar yang telah ditentukan, namun demikian masih ada permasalahan dalam pengendalian NPL yang masih cukup tinggi. Dari hasil analisis perspektif pelanggan ditinjau dari customer care management, terlihat bahwa Bank Bjb dapat mempertahankan pelanggan lama dan selain itu mampu meningkatkan jumlah pelanggan (nasabah) baru. Demikian juga dalam pengukuran kepuasan pelanggan (nasabah) sudah baik. Hasil analisis mengenai perspektif internal bisnis terlihat bahwa kinerja pelayanan dianggap cukup baik, selain itu dilihat dari perspektif pembelajaran dan pertumbuhan sudah memadai, hal ini ditandai oleh retensi karyawan yang cukup rendah serta sebagian besar karyawan telah mengikuti program pelatihan dan pengembangan.
Description
Keywords
Kinerja, Balance Scorecard, Performance, BSC
Citation
Collections