PENGUKURAN TINGKAT KEMATANGAN SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA COBIT 4.1 PADA DOMAIN MONITORING AND EVALUATE (STUDI KASUS : PT USSI DIVISI PRODUKSI)

No Thumbnail Available
Date
2017
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pentingnya Tata Kelola Teknologi Informasi, karena peningkatan peran Teknologi Informasi nantinya harus berbanding lurus dengan investasi yang dikeluarkan yang biasanya mengeluarkan uang dalam jumlah besar. Halini akan membutuhkan perencanaan yang matang dalampelaksanaan investasiTeknologi Informasi nantinya. Untuk itulah diperlukan adanya tata kelola Teknologi Informasi yang baik pada suatu perusahaan dimulai dari perencanaan sampai dengan implementasi, agar perusahaan tersebut dapat berjalan secara optimal. COBIT framework menyediakan ukuran, indikator, proses dan kumpulan praktik terbaik untu kmembantu perusahaan mengoptimalkan pengelolan Teknologi Informasi dan mengembangkan kontrol terhadap manajemen Teknologi Informasi yang pantas untuk suatu organisasi. Dengan demikian perusahaan akan merasa bahwa investasi Teknologi Informasi mereka membawa keuntungan maksimal bagi proses bisnis mereka.Penelitian ini mengangkat kasus pada PT USSI Divisi Produksi, dimana audit yang dilakukan menggunakan kerangka kerja COBIT 4.1 pada domain Monitor and Evaluate. Bertujuan memberikan nilai terhadap proses pengawasan dan evaluasi penggunaan Tata Kelola Teknologi Informasi. Hasil analisis yang diperoleh bahwa pengawasan Tata Kelola Teknologi Informasi ini sudah pada tingkat baik dan juga digunakan sebagai acuan rekomendasi bila ditemukan kesalahan-kesalahan yang memang harus diperbaiki.
Description
Keywords
Audit Sistem Informasi, Tata Kelola Teknologi Informasi, Pengawasan dan Evaluasi, COBIT 4.1, Audit Information System, Governance Information Technology, Monitor and Evaluate
Citation