PENGARUH EKSTENSIFIKASI DAN INTENSIFIKASI PAJAK REKLAME TERHADAP PENERIMAAN PAJAK DAERAH KOTA BANDUNG (Studi Kasus Pada Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Bandung)
No Thumbnail Available
Date
2017
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh secara parsial dan
simultan Intensifikasi dan Ekstensifikasi Pajak Reklame Terhadap Penerimaan
Pajak Kota Bandung. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah
pengetahuan Intensifikasi Pajak Reklame dan Ekstensifikasi sebagai variabel
independen. Sedangkan Penerimaan Pajak Kota Bandung sebagai variabel
dependen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif studi kasus. Populasi dalam penelitian ini adalah Penerimaan pajak
reklame, wajib pajak reklame dan realisasi penerimaan pajak tahun 2013-2016.
Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik
sampling jenuh karena pupulasi yang digunakan relatif kecil. Sedangkan metode
analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear
berganda pada taraf signifikansi sebesar 5%. Program yang digunakan dalam
menganalisis data menggunakan Eviews 8. Berdasarkan hasil penelitian secara
parsial dan simultan menunjukan bahwa Intensifikasi dan Ekstensifikasi Pajak
Reklame berpengaruh signifikan terhadap Penerimaan Pajak Kota Bandung.
Semakin tinggi penerimaan pajak dan jumlah wajib pajak, maka semakin tinggi
tingkat penerimaan pajak. Sedangkan besarnya pengaruh Intensifikasi dan
Ekstensifikasi Pajak reklame Terhadap Penerimaan Pajak Kota Bandung adalah
sebesar 69,2%.
Description
Keywords
Ekstensifikasi, Intensifikasi, Penerimaan Pajak, Extensification, Intensification, Tax Acceptance