PENGARUH EARNING PER SHARE (EPS) DAN PRICE EARNING RATIO (PER) TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM (Survei pada perusahaan kelompok lndustri Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)
No Thumbnail Available
Date
2010-02
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Bisnis & Manajemen Universitas Widyatama, Edisi Khusus No.1
Abstract
Saham perusahaan publik merupakan komoditi investasi yang menarik namun tetap beresiko.
Sebelum menginvestasikan dananya, investor dituntut untuk menyelidiki, menganalisis dan
memilih saham-saham emiten yang akan atau telah dipilih agar diperoleh hasil yang maksimal
dengan risiko yang minimal. Untuk dapat menghasilkan keputusan yang optimal dalam kegiatan
investasi, investor pada dasarnya harus mampu mengolah dan menganalisis semua informasi
yang ada baik internal maupun eksternal. Namun pada prakteknya, investor lebih sering
menekankan pada informasi internal yang terdapat pada laporan keuangan perusahaan, karena
laporan keuangan memberikan informasi keuangan dan gambaran paling representative mengenai
hasil kinerja usaha yang telah dicapai perusahaan. Penilaian terhadap informasi keuangan
perusahaan merupakan unsure yang penting analisis investasi, termasuk analisis Earning per
Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah
Earning per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER) mempunyai pengaruh yang positif dan
signifikan terhadap perubahan harga saham perusahaan lndustri Manufaktur yang go public di
Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
eksplanatov dengan menjelaskan hubungan kausalitas. Penulis menggunakan metode statistik
analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial menunjukan bahwa
Earning per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER) memiliki pengaruh yang positif dan
signifikan terhadap perubahan harga saham. Dan hasil uji hipotesis secara simultan menunjukan
bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari Earning per Share (EPS) dan Price Earning Ratio
(PER) terhadap perubahan harga saham sebesar 96.4% dan sisanya sebesar 3.6% dipengaruhi
oleh faktor-faktor lain diluar Earning per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER), atau dapat
dikatakan bahwa Earning per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER) secara bersama-sama
mempengaruhi perubahan harga saham.
Description
Keywords
Earning Per Share, Price Earning Ratio, Perubahan Harga Saham