PENGARUH RETURN ON ASSET, PRICE EARNING RATIO, UKURAN PERUSAHAAN, PROSENTASE PENAWARAN SAHAM, DAN REPUTASI UNDERWRITER TERHADAP TINGKAT UNDERPRICING (Studi Pada Perusahaan yang Melakukan Initial Public Offering di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2015)
No Thumbnail Available
Date
2017
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor keuangan dan
faktor non keuangan terhadap tingkat underpricing pada perusahaan melakukan
initial public offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia periode 2008-2015. Variabel
dependen underpricing, sedangkan variabel independen adalah return on asset, price
earning ratio, ukuran perusahaan, prosentase penawaran saham, dan reputasi
underwriter. Sampel dalam penelitian ini adalah 133 perusahaan yang melakukan
initial public offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia periode 2008-2015.
Teknik pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling.
Sedangkan metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier
berganda pada taraf signifikansi 5%. Hasil hipotesis menunjukan bahwa secara
parsial ukuran perusahaan dan reputasi underwriter berpengaruh negatif terhadap
tingkat underpricing. Sedangkan return on asset, price earning ratio, dan prosentase
penawaran saham tidak berpengaruh terhadap tingkat underpricing. Secara simultan
return on asset, price earning ratio, ukuran perusahaan, prosentase penawaran
saham, dan reputasi underwriter berpengaruh terhadap tingkat underpricing.
Description
Keywords
Underpricing, Return On Assets (ROA), Price Earning Ratio (PER), Company Size, The Percentage of Stock Offerings, Underwriter Reputation, Ukuran Perusahaan, Prosentase Penawaran Saham, Reputasi Underwriter