PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM, DAN PERTUMBUHAN EKONOMI TERHADAP PENGALOKASIAN BELANJA MODAL (Studi Kasus Pada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat Periode 2013-2015)

No Thumbnail Available
Date
2017
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh secara parsial dan simultan pendapatan asli daerah, dana alokasi umum, dan pertumbuhan ekonomi terhadap pengalokasian belanja modal pada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat periode 2013-2015. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh nilai anggaran belanja modal Provinsi Jawa Barat yang terus mengelami peningkatan setiap tahunnya, namun penyerapan belanja modal di Provinsi Jawa Barat masih relatif kecil dan rendah. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah pendapatan asli daerah, dana alokasi umum, dan pertumbuhan ekonomi, sedangkan belanja modal sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat periode 2013-2015 yang berjumlah 27 Kabupaten/Kota. Sedangkan teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan metode sampling jenuh, sehingga jumlah sampel sebanyak 26 Kabupaten/Kota. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda pada taraf signifikansi sebesar 5%. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Eviews 7. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial dan secara simultan pendapatan asli daerah, dana alokasi umum, dan pertumbuhan ekonomi berpengaruh signifikan terhadap belanja modal. Sedangkan besarnya pengaruh pendapatan asli daerah, dana alokasi umum, dan pertumbuhan ekonomi dalam menberikan kontribusi pengaruh terhadap belanja modal sebesar 60,7%. Jadi semakin tinggi pendapatan asli daerah, dana alokasi umum, dan pertumbuhan ekonomi, maka semakin tinggi pengalokasi belanja modal.
Description
Keywords
Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, Pertumbuhan Ekonomi, Belanja Modal, PAD, General Allocation Fund, Economic Growth, Capital Expenditure
Citation