PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM, DAN PERTUMBUHAN EKONOMI TERHADAP PENGALOKASIAN BELANJA MODAL (Studi Kasus Pada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat Periode 2013-2015)

Widyatama Repository

PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM, DAN PERTUMBUHAN EKONOMI TERHADAP PENGALOKASIAN BELANJA MODAL (Studi Kasus Pada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat Periode 2013-2015)

Show full item record

Title: PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM, DAN PERTUMBUHAN EKONOMI TERHADAP PENGALOKASIAN BELANJA MODAL (Studi Kasus Pada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat Periode 2013-2015)
Author: Arumboko, Andika Syuhada
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh secara parsial dan simultan pendapatan asli daerah, dana alokasi umum, dan pertumbuhan ekonomi terhadap pengalokasian belanja modal pada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat periode 2013-2015. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh nilai anggaran belanja modal Provinsi Jawa Barat yang terus mengelami peningkatan setiap tahunnya, namun penyerapan belanja modal di Provinsi Jawa Barat masih relatif kecil dan rendah. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah pendapatan asli daerah, dana alokasi umum, dan pertumbuhan ekonomi, sedangkan belanja modal sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat periode 2013-2015 yang berjumlah 27 Kabupaten/Kota. Sedangkan teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan metode sampling jenuh, sehingga jumlah sampel sebanyak 26 Kabupaten/Kota. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda pada taraf signifikansi sebesar 5%. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Eviews 7. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial dan secara simultan pendapatan asli daerah, dana alokasi umum, dan pertumbuhan ekonomi berpengaruh signifikan terhadap belanja modal. Sedangkan besarnya pengaruh pendapatan asli daerah, dana alokasi umum, dan pertumbuhan ekonomi dalam menberikan kontribusi pengaruh terhadap belanja modal sebesar 60,7%. Jadi semakin tinggi pendapatan asli daerah, dana alokasi umum, dan pertumbuhan ekonomi, maka semakin tinggi pengalokasi belanja modal.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8539
Date: 2017


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 112.1Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.PDF 839.5Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 188.1Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 301.0Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 197.5Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 105.8Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 101.5Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 100.9Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 308.1Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 543.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 480.2Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 572.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 115.0Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 114.6Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record