PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN PADA PRODUK PAKET TELKOMSEL FLASH TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI BANDUNG

No Thumbnail Available
Date
2016
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Memasuki era sekarang, perkembangan teknologi semakin meningkat, menyebabkan banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan kesempataan dalam bisnis dalam provider. Penelitian ini dilatar belakangi adanya penurunan dari pengguna provider Telkomsel FLASH. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada produk paket Telkomsel FLASH. Responden yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 100 pelanggan yang pernah menggunakan produk paket Telkomsel FLASH non – probability sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner secara online dan metode analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan pada produk Telkomsel FLASH. Kemudian berdasarkan hasil uji F, hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan pada produk paket Telkomsel FLASH. Nilai koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,855, hal ini berarti 85,5% loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh variabel kualitas produk dan kualitas pelayanan sedangkan sisanya dapat dijelaskan oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Description
Keywords
Product Quality, Service Quality, Customer Loyalty, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan
Citation