PENGARUH PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus Pada Pemerintah Daerah Kota Bandung)

No Thumbnail Available
Date
2015
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Hasil audit BPK menunjukan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota Bandung tahun 2009 mendapatkan opini disclaimer. Pemerintah Kota Bandung telah melakukan perbaikan mendapatkan opini WDP, namun masih ada 4 catatan terkait opini WDP Kota Bandung. Keputusan presiden No 74 Tahun 2001 menyebutkan bahwa melalui pengawasan diharapkan dapat membantu melaksanakan kebijakan yang telah ditetapkan untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan, salah satunya pengawasan dalam sistem intern pemerintah yaitu adanya pemeriksaan oleh pimpinan terhadap kinerja bawahan agar laporan keuangan yang dihasilkan berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengawasan keuangan daerah dan sistem pengendalian intern pemerintah terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Penelitian dilakukan di Pemerintah Kota Bandung. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan 90 kuesioner dan 75 kuesioner yang dapat diterima kembali untuk diolah. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Setelah data dikumpulkan, data dianalisis menggunakan program SPSS 17.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial dan simultan Pengawasan Keuangan daerah dan Sistem Pengedalian Intern Pemerintah berpengaruh positif terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah.
Description
Keywords
Pengawasan Keuangan Daerah, Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Kualitas Laporan Keuangan, Financial Oversight Areas, Internal Control System of the Government, the Quality of Financial Reporting
Citation